Jakarta, Motoris – Hyundai Motor Company melepas mobil listrik sport Ioniq 5 N dengan top speed 260 kilometer per jam (kpj). Uniknya, suara mobil ini bisa seperti barang bermesin pembakaran internal (ICE) penenggak bensin.
N adalah nama sakti jajaran mobil Hyundai. Begitu suatu mobil dikasih emblem ini, sudah pasti merupakan varian terkencang.
Ioniq 5 N menghasilkan tenaga maksimal 650 PS dan torsi maksimum 770 Nm dengan NGB untuk pengalaman berkendara lebih bertenaga. Selain itu, IONIQ 5 N dilengkapi dengan baterai generasi terbaru 84 kWh yang menghidupi dua motor listrik dengan kemampuan putaran hingga 21 ribu rpm.
Seperti ditulis di atas, Ioniq 5 N mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 260 kpj dan berakselerasi dari 0 ke 100 kpj dalam 3,5 detik dan 3,4 detik dengan NGB, sehingga bisalah dapat pengalaman berkendara layaknya mobil ICE kencang.
Dari keterangan resmi Hyundai, Ioniq 5 N menggabungkan electric global module platform (E-GMP) dengan teknologi motorsport Hyundai N Brand. Model ini juga memanfaatkan keunggulan ‘rolling labs’ Hyundai N, yakni RM20e, RN22e dan N Vision 74, untuk agar bisa menjadi kendaraan listrik high-performance.
Sama halnya dengan kendaraan-kendaraan Hyundai N, barang ini mengusung tiga pilar andalan, yakni corner rascal’ yang menghadirkan kelincahan dan responsivitas menikung, racetrack capability’ yang menitikberatkan pada daya tahan dan performa kendaraan, dan everyday sportscar yang menawarkan kombinasi unik antara kenyamanan sehari-hari dan pengalaman fun to drive dari mobil sport.
Mobil ini mewarisi beberapa fitur-fitur canggih khas Hyundai N. Contohnya,N launch control atau starter tercepat sehingga pengemudi bisa memacu IONIQ 5 N layaknya mobil balap professional, N e-Shift yang Memberikan sensasi kendali atas daya dan perpindahan gigi, dan N Pedal yang memberikan turn-in instan dan meningkatkan sensitivitas throttle, serta memprioritaskan cornering cepat dan bertenaga dibandingkan efisiensi daya.
Lanjut ada N grin boost yang meningkatkan akselerasi dengan 10 detik tambahan daya dan N active sound atau ignition evolution supersonic. Fitur yang terakhir bisa menghasilkan suara mobil listrik yang futuristik dan suara deru knalpot menyerupai mesin ICE untuk pengalaman terbaik di belakang kemudi.
Kemudian, N Drift Optimizer, Torque Kick Drift, N Race, N R-MDPS (Rack-Mounted Motor-Driven Power Steering), N Battery Pre-Conditioning, dan N Brake Regen demi memberikan deselerasi yang maksimal dan transisi kecepatan yang mulus.
Terakhir ada Vehicle to Load yang memungkinkan pengguna menggunakan daya dari baterai EV untuk mengecas perangkat elektronik, seperti sepeda elektrik, perlengkapan berkemah, hingga peralatan domestik, baik saat mobil dalam keadaan hidup maupun mati.
“Semua fitur yang disebut di atas dirancang untuk meningkatkan pengalaman berkendara dan kontrol yang lebih baik, serta respons yang lebih cepat untuk pengalaman berkendara yang sejalan dengan konsep “driving fun” dari Hyundai N,” tulis Hyundai, Kamis (18/4/2024).
Discussion about this post