Tuesday, July 1, 2025
Motoris.id
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
Motoris.id
No Result
View All Result

Pengamat Bikin Gempar, Biaya Kepemilikan Mobil Listrik Ternyata Lebih Mahal dari Hybrid

by admin
October 7, 2022
in Mobil
0
Mobil listrik Toyota BZ4X di GIIAS 2022. (ist)

Mobil listrik Toyota BZ4X di GIIAS 2022. (ist)

Share on Facebook

Jakarta, Motoris – Pengamat otomotif Riyanto membandingkan total biaya kepemilikan (total cost owner ship/TCO) mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) dan mobil hibrida (hybrid electric vehicle/HEV). Hasilnya bisa bikin gempar, karena TCO BEV ternyata lebih mahal dari HEV.

Berdasarkan perhitungan Riyanto, dalam skema konservatif, TCO BEV selama 10 tahun dengan segala macam insentif mencapai Rp 7.416 per kilometer (km), di atas HEV Rp 5.783 per km, tetapi lebih murah dari plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) Rp 7.449 per km. Adapun TCO mobil pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) Rp 7.141 per km.

Baca Juga:

Awas, Banjir Impor Mobil Listrik Cina, Perang Harga Bisa Meledak

Titik Kunci Kenyamanan New Xpander Cross

New Xpander Dapat Fitur AYC, Ini Fungsinya

Sementara itu, dengan menggunakan skema moderat, TCO BEV Rp 7.416 per km, masih lebih mahal dari HEV Rp 5.887 per km, sedangkan PHEV dan ICE masing-masing Rp 7.5252 per km dan Rp 7.264 per km. Adapun dengan skenario optimistis, TCO BEV Rp 7.416 per km, masih di atas HEV Rp 6.029 per km, sedangkan PHEV dan Ice Rp 7.498 per km dan Rp 7.498 per km.

Kenapa bisa begini? Dalam materi presentasi, Riyanto menulis BEV kena biaya besar di sel baterai dan battery pack, karena kapasitasnya besar. Dia menulis kapasitas baterai BEV 15,8 kWh, dengan harga sel baterai US$ 88,5 per kWh dan battery pack US$ 50 per kWh. Adapun masa penggantian baterai BEV lima tahun, sehingga konsumen akan kena dua kali biaya itu.

Catatan Motoris, kapasitas baterai BEV sekarang jauh di atas itu. Bahkan, bisa 50 kWh lebih, seperti di Hyundai Ioniq 58,2-72,6 kWh. Silakan hitung sendiri berapa biaya yang harus ditebus konsumen untuk mengganti baterai itu.

Konsumen juga harus mengeluarkan duit lebih untuk membeli BEV, kendati pemerintah sudah habis-habisan mengucurkan insentif. Adapun asumsi rasio harga ICE dan BEV mencapai 1,65 kali, PHEV 1,51 kali, dan HEV 1,1 kali.

“BEV hanya menang dari sisi pajak penjualan barang mewah (PPnBM), karena kena tarif 0%. Selebihnya BEV masih kena PKB 5%,” tulis Riyanto dalam materi presentasinya.

So, masih ingin beli mobil listrik? Silakan saja asalkan suka dan mampu. Toh ini hanya perspektif. Keputusan ada di tangan sampean. Salam motorisasi. (gbr)

Tags: BEVBiaya KepemilikanHeadlineHEVKomparasiMobil HybridMobil ListrikPengamatPerbandinganRiyanto
Previous Post

Beli Motor Listrik Ini Bisa Tukar Baterai di Alfamart

Next Post

Innova Hybrid Disebut Irit Gila, Konsumsi Bensin Bisa di Atas 20 Kpl

Related Posts

Jualan Chery Naik 118%, Jadi Kapan Bikin Pabrik Sendiri?????

Awas, Banjir Impor Mobil Listrik Cina, Perang Harga Bisa Meledak

July 1, 2025

Jakarta, Motoris – Perang harga mobil listrik (BEV) merek Cina diyakini bisa terjadi di Indonesia, seperti yang kini berlangsung di...

Titik Kunci Kenyamanan New Xpander Cross

Titik Kunci Kenyamanan New Xpander Cross

June 30, 2025

Jakarta, Motoris – Interior menjadi titik kunci kenyamanan Mitsubishi New Xpander Cross. Ini diwujudkan dengan hadirnya warna burgundy elegan, ornamen...

New Xpander Dapat Fitur AYC, Ini Fungsinya

New Xpander Dapat Fitur AYC, Ini Fungsinya

June 29, 2025

Jakarta, Motoris – PT Mitsubishi Motors Indonesia (MMKSI) merilis New Xpander alias versi facelift yang dibekali fitur active yaw control...

Turki Ikutan Hajar Mobil Cina, Uni Eropa Kemungkinan Nyusul

Frustrasi, Cina Ekspor Mobil Baru Berkedok Barang Seken

June 24, 2025

Jakarta, Motoris – Cina pusing, seiring kelebihan kapasitas industri mobil. Saking banyaknya mobil, beberapa pemerintah daerah di Cina setuju mobil...

Discussion about this post

Terpopuler

  • Karawang Digoyang CATL, Pabrik Baterai US$ 1,2 Miliar Dibangun

    Karawang Digoyang CATL, Pabrik Baterai US$ 1,2 Miliar Dibangun

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Top Speed Hyundai Stargazer 190 Kpj, Edaannn

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Titik Kunci Kenyamanan New Xpander Cross

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ssstttttt, Hyundai Diam-diam Recall Stargazer

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Harga PCX Bekas Kembali Normal, Cek Daftar Lengkapnya 

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Terkini

Jualan Chery Naik 118%, Jadi Kapan Bikin Pabrik Sendiri?????

Awas, Banjir Impor Mobil Listrik Cina, Perang Harga Bisa Meledak

July 1, 2025
Titik Kunci Kenyamanan New Xpander Cross

Titik Kunci Kenyamanan New Xpander Cross

June 30, 2025
New Xpander Dapat Fitur AYC, Ini Fungsinya

New Xpander Dapat Fitur AYC, Ini Fungsinya

June 29, 2025
Karawang Digoyang CATL, Pabrik Baterai US$ 1,2 Miliar Dibangun

Karawang Digoyang CATL, Pabrik Baterai US$ 1,2 Miliar Dibangun

June 29, 2025
Turki Ikutan Hajar Mobil Cina, Uni Eropa Kemungkinan Nyusul

Frustrasi, Cina Ekspor Mobil Baru Berkedok Barang Seken

June 24, 2025
Motoris.id

Catatan Digital Otomotif

Office: Jalan Pulosirih Timur 6, Blok CD 89, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan

Email : motorisdev@gmail.com

Kategori

  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

ERA Network

  • Beritaapm.com
  • Makansedap.id
  • Landbank.co.id
  • IndoDigital.co.id
  • Fundflow.id
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK

No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK