Tuesday, May 20, 2025
Motoris.id
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
Motoris.id
No Result
View All Result

Pengamat Bikin Gempar, Biaya Kepemilikan Mobil Listrik Ternyata Lebih Mahal dari Hybrid

by admin
October 7, 2022
in Mobil
0
Mobil listrik Toyota BZ4X di GIIAS 2022. (ist)

Mobil listrik Toyota BZ4X di GIIAS 2022. (ist)

Share on Facebook

Jakarta, Motoris – Pengamat otomotif Riyanto membandingkan total biaya kepemilikan (total cost owner ship/TCO) mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) dan mobil hibrida (hybrid electric vehicle/HEV). Hasilnya bisa bikin gempar, karena TCO BEV ternyata lebih mahal dari HEV.

Berdasarkan perhitungan Riyanto, dalam skema konservatif, TCO BEV selama 10 tahun dengan segala macam insentif mencapai Rp 7.416 per kilometer (km), di atas HEV Rp 5.783 per km, tetapi lebih murah dari plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) Rp 7.449 per km. Adapun TCO mobil pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) Rp 7.141 per km.

Baca Juga:

Subsidi Mobil Listrik Habis Tahun Ini, Pemain Cina Bakal Boncos??????

New Xpander dan Xpander Cross Turun, yang Baru Apa Aja Nih???? 

Chery Lepas Mobil PHEV di Bawah Rp 499 Juta, Dapat Subsidi Prinsipal?

Sementara itu, dengan menggunakan skema moderat, TCO BEV Rp 7.416 per km, masih lebih mahal dari HEV Rp 5.887 per km, sedangkan PHEV dan ICE masing-masing Rp 7.5252 per km dan Rp 7.264 per km. Adapun dengan skenario optimistis, TCO BEV Rp 7.416 per km, masih di atas HEV Rp 6.029 per km, sedangkan PHEV dan Ice Rp 7.498 per km dan Rp 7.498 per km.

Kenapa bisa begini? Dalam materi presentasi, Riyanto menulis BEV kena biaya besar di sel baterai dan battery pack, karena kapasitasnya besar. Dia menulis kapasitas baterai BEV 15,8 kWh, dengan harga sel baterai US$ 88,5 per kWh dan battery pack US$ 50 per kWh. Adapun masa penggantian baterai BEV lima tahun, sehingga konsumen akan kena dua kali biaya itu.

Catatan Motoris, kapasitas baterai BEV sekarang jauh di atas itu. Bahkan, bisa 50 kWh lebih, seperti di Hyundai Ioniq 58,2-72,6 kWh. Silakan hitung sendiri berapa biaya yang harus ditebus konsumen untuk mengganti baterai itu.

Konsumen juga harus mengeluarkan duit lebih untuk membeli BEV, kendati pemerintah sudah habis-habisan mengucurkan insentif. Adapun asumsi rasio harga ICE dan BEV mencapai 1,65 kali, PHEV 1,51 kali, dan HEV 1,1 kali.

“BEV hanya menang dari sisi pajak penjualan barang mewah (PPnBM), karena kena tarif 0%. Selebihnya BEV masih kena PKB 5%,” tulis Riyanto dalam materi presentasinya.

So, masih ingin beli mobil listrik? Silakan saja asalkan suka dan mampu. Toh ini hanya perspektif. Keputusan ada di tangan sampean. Salam motorisasi. (gbr)

Tags: BEVBiaya KepemilikanHeadlineHEVKomparasiMobil HybridMobil ListrikPengamatPerbandinganRiyanto
Previous Post

Beli Motor Listrik Ini Bisa Tukar Baterai di Alfamart

Next Post

Innova Hybrid Disebut Irit Gila, Konsumsi Bensin Bisa di Atas 20 Kpl

Related Posts

Subsidi Mobil Listrik Habis Tahun Ini, Pemain Cina Bakal Boncos??????

Subsidi Mobil Listrik Habis Tahun Ini, Pemain Cina Bakal Boncos??????

May 20, 2025

Jakarta, Motoris – Subsidi mobil listrik baterai (battery electric vehicle/BEV) impor untuk keperluan tes pasar sekaligus completely knock down (CKD)...

New Xpander dan Xpander Cross Turun, yang Baru Apa Aja Nih???? 

New Xpander dan Xpander Cross Turun, yang Baru Apa Aja Nih???? 

May 19, 2025

Jakarta, Motoris – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) merilis versi pembaruan alias New Xpander dan New...

Chery Lepas Mobil PHEV di Bawah Rp 499 Juta, Dapat Subsidi Prinsipal?

Chery Lepas Mobil PHEV di Bawah Rp 499 Juta, Dapat Subsidi Prinsipal?

May 16, 2025

Jakarta, Motoris - PT Chery Sales Indonesia (CSI) mematok harga mobil PHEV Tiggo 8 CSH Rp 499 juta untuk 1.000...

BYD Dolphin Facelift Mau Keluar, yang Lawas Baru Dijual di Indonesia, Ambyarrr

Ancur, Honda dan Suzuki Dilindas BYD

May 15, 2025

Jakarta, Motoris – BYD akhirnya mengungguli Honda dan Suzuki dalam penjualan bulanan domestik di Indonesia. April 2024, penjualan BYD plus...

Discussion about this post

Terpopuler

  • Daftar Mobil Baru GIIAS 2023, dari mulai Alphard hingga Seres

    Jangan Bandingin Alphard dan Denza D9, Satu Bayar Pajak Normal, Satu Subsidi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • New Xpander dan Xpander Cross Turun, yang Baru Apa Aja Nih???? 

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Subsidi Mobil Listrik Habis Tahun Ini, Pemain Cina Bakal Boncos??????

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Indonesia Akan Punya Mobnas Lagi, Mohon Dukungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Honda Diam-diam Beli Lahan di Deltamas Rp 670 Miliar, Mau Ngapain?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Terkini

Subsidi Mobil Listrik Habis Tahun Ini, Pemain Cina Bakal Boncos??????

Subsidi Mobil Listrik Habis Tahun Ini, Pemain Cina Bakal Boncos??????

May 20, 2025
New Xpander dan Xpander Cross Turun, yang Baru Apa Aja Nih???? 

New Xpander dan Xpander Cross Turun, yang Baru Apa Aja Nih???? 

May 19, 2025
Penjualan Motor Listrik Polytron Turun 50%, Nasib Mobil Bagaimana?????

Penjualan Motor Listrik Polytron Turun 50%, Nasib Mobil Bagaimana?????

May 17, 2025
Chery Lepas Mobil PHEV di Bawah Rp 499 Juta, Dapat Subsidi Prinsipal?

Chery Lepas Mobil PHEV di Bawah Rp 499 Juta, Dapat Subsidi Prinsipal?

May 16, 2025
BYD Dolphin Facelift Mau Keluar, yang Lawas Baru Dijual di Indonesia, Ambyarrr

Ancur, Honda dan Suzuki Dilindas BYD

May 15, 2025
Motoris.id

Catatan Digital Otomotif

Office: Jalan Pulosirih Timur 6, Blok CD 89, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan

Email : motorisdev@gmail.com

Kategori

  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

ERA Network

  • Beritaapm.com
  • Makansedap.id
  • Landbank.co.id
  • IndoDigital.co.id
  • Fundflow.id
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK

No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK