Sabtu, 15 November 2025
Motoris.id
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
Motoris.id
No Result
View All Result

Pengamat Bikin Gempar, Biaya Kepemilikan Mobil Listrik Ternyata Lebih Mahal dari Hybrid

by admin
Jumat, 7 Oktober 2022
Mobil listrik Toyota BZ4X di GIIAS 2022. (ist)

Mobil listrik Toyota BZ4X di GIIAS 2022. (ist)

Share on Facebook

Jakarta, Motoris – Pengamat otomotif Riyanto membandingkan total biaya kepemilikan (total cost owner ship/TCO) mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) dan mobil hibrida (hybrid electric vehicle/HEV). Hasilnya bisa bikin gempar, karena TCO BEV ternyata lebih mahal dari HEV.

Berdasarkan perhitungan Riyanto, dalam skema konservatif, TCO BEV selama 10 tahun dengan segala macam insentif mencapai Rp 7.416 per kilometer (km), di atas HEV Rp 5.783 per km, tetapi lebih murah dari plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) Rp 7.449 per km. Adapun TCO mobil pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) Rp 7.141 per km.

Baca Juga:

Buset, BYD Bantai Tiga Jepang Sekaligus, Toyota Berikutnya?

Citroen E-C3 Jadi Taksi Express

SUV Listrik Murah J5 EV Mulai Dikirim ke Konsumen

Sementara itu, dengan menggunakan skema moderat, TCO BEV Rp 7.416 per km, masih lebih mahal dari HEV Rp 5.887 per km, sedangkan PHEV dan ICE masing-masing Rp 7.5252 per km dan Rp 7.264 per km. Adapun dengan skenario optimistis, TCO BEV Rp 7.416 per km, masih di atas HEV Rp 6.029 per km, sedangkan PHEV dan Ice Rp 7.498 per km dan Rp 7.498 per km.

Kenapa bisa begini? Dalam materi presentasi, Riyanto menulis BEV kena biaya besar di sel baterai dan battery pack, karena kapasitasnya besar. Dia menulis kapasitas baterai BEV 15,8 kWh, dengan harga sel baterai US$ 88,5 per kWh dan battery pack US$ 50 per kWh. Adapun masa penggantian baterai BEV lima tahun, sehingga konsumen akan kena dua kali biaya itu.

Catatan Motoris, kapasitas baterai BEV sekarang jauh di atas itu. Bahkan, bisa 50 kWh lebih, seperti di Hyundai Ioniq 58,2-72,6 kWh. Silakan hitung sendiri berapa biaya yang harus ditebus konsumen untuk mengganti baterai itu.

Konsumen juga harus mengeluarkan duit lebih untuk membeli BEV, kendati pemerintah sudah habis-habisan mengucurkan insentif. Adapun asumsi rasio harga ICE dan BEV mencapai 1,65 kali, PHEV 1,51 kali, dan HEV 1,1 kali.

“BEV hanya menang dari sisi pajak penjualan barang mewah (PPnBM), karena kena tarif 0%. Selebihnya BEV masih kena PKB 5%,” tulis Riyanto dalam materi presentasinya.

So, masih ingin beli mobil listrik? Silakan saja asalkan suka dan mampu. Toh ini hanya perspektif. Keputusan ada di tangan sampean. Salam motorisasi. (gbr)

Tags: BEVBiaya KepemilikanHeadlineHEVKomparasiMobil HybridMobil ListrikPengamatPerbandinganRiyanto

ArtikelTerkait

BYD Nyayur di GIIAS, Janji Genjot Suplai Barang

Buset, BYD Bantai Tiga Jepang Sekaligus, Toyota Berikutnya?

Kamis, 13 November 2025

Jakarta, Motoris – BYD dan submerek premiumnya Denza membantai tiga merek Jepang sekaligus pada Oktober 2025, yakni Suzuki, Honda, dan...

Citroen E-C3 Jadi Taksi Express

Citroen E-C3 Jadi Taksi Express

Kamis, 13 November 2025

Jakarta, Motoris – PT Indomobil National Distributor, agen pemegang merek Citroën di Indonesia, resmi menandatangani perjanjian kerja sama penyediaan mobil...

SUV Listrik Murah J5 EV Mulai Dikirim ke Konsumen

SUV Listrik Murah J5 EV Mulai Dikirim ke Konsumen

Senin, 10 November 2025

Jakarta, Motoris – Mobil listrik baterai (BEV) murah Jaecoo J5 EV mulai dikirim ke konsumen melalui 17 jaringan dealer resmi....

Sasis Ladder Frame Bikin Pajero Sport Ganas di Semua Medan

Sasis Ladder Frame Bikin Pajero Sport Ganas di Semua Medan

Jumat, 31 Oktober 2025

Jakarta, Motoris – Sport utility vehicle (SUV) dengan sasis ladder frame lebih diminati di pasar Indonesia, terlihat pada larisnya Mitsubishi...

Discussion about this post

Terpopuler

  • Gawat!!!! Pedagang Nggak Mau Angkat Motor eSAF, Harga Terjun Bebas   

    Update Harga Vario 160 Bekas Semua Tahun, Ambruk Brooo

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Scoopy Kuromi, Kalau Minat Harga Segini

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Harga Nmax Old Dikerek Lagi, Laku Nggak Nih?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Buset, BYD Bantai Tiga Jepang Sekaligus, Toyota Berikutnya?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mobil Cina Bisa Parkir Sendiri, yang Ini Diklaim Tercanggih Sedunia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Terkini

BYD Nyayur di GIIAS, Janji Genjot Suplai Barang

Buset, BYD Bantai Tiga Jepang Sekaligus, Toyota Berikutnya?

Kamis, 13 November 2025
Citroen E-C3 Jadi Taksi Express

Citroen E-C3 Jadi Taksi Express

Kamis, 13 November 2025
SUV Listrik Murah J5 EV Mulai Dikirim ke Konsumen

SUV Listrik Murah J5 EV Mulai Dikirim ke Konsumen

Senin, 10 November 2025
Sasis Ladder Frame Bikin Pajero Sport Ganas di Semua Medan

Sasis Ladder Frame Bikin Pajero Sport Ganas di Semua Medan

Jumat, 31 Oktober 2025
Fitur Destinator Hadapi Tantangan Mengemudi saat Hujan

Fitur Destinator Hadapi Tantangan Mengemudi saat Hujan

Jumat, 31 Oktober 2025
motoris

Catatan Digital Otomotif

Office: Jalan Pulosirih Timur 6, Blok CD 89, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan

Email : motorisdev@gmail.com

Kategori

  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

ERA Network

  • Beritaapm.com
  • Makansedap.id
  • Landbank.co.id
  • IndoDigital.co.id
  • Fundflow.id
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK

No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK