Bekasi, Motoris – Setelah world premiere, Februari 2023, Toyota All New Agya GR Sport akhirnya menjalani debut di ajang balap nasional dengan berlaga di event MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2023 Seri ketiga di Sirkuit Bundaran Lagoon Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (17/6/2023).
Bermodalkan DNA motorsport Toyota Gazoo Racing (TGR) serta advanced all new platform, Agya GR membuat engineer TGRI mendapatkan calon suksesor sebuah race-car ready dengan basic performance yang dapat diandalkan.
Agya GR Sport generasi kedua mulai tampil untuk trial di kelas A3, setelah fase pengembangan yang berjalan dari awal tahun oleh Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI). Meskipun belum berhasil melanjutkan ke babak final, pengembangan sporty hatchback ini sudah berada di jalur yang tepat untuk dapat segera berkompetisi penuh di ajang slalom nasional.
Di lain pihak, Agya GR Sport generasi satu yang telah diandalkan sejak seri pertama dan selalu tampil maksimal, kembali menunjukkan performanya dengan meraih podium juara nasional di berbagai kelas yang diikuti oleh 70 lebih peslalom.
“Selamat atas debut All New Agya GR Sport TGRI di seri ketiga MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2023. Dengan semangat continuous improvement, layaknya ini menjadi starting point dalam melakukan pengembangan sebuah mobil balap yang mampu meneruskan dominasi Agya GR Sport di arena slalom nasional,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, belum lama ini.
Berbekal semangat pushing the limits for the better, dia menegaskan, ke depan, seluruh pembalap dan tim akan saling bahu-membahu dalam melakukan transformasi All New Agya GR Sport menjadi lebih kompetitif di ranah motorsport nasional.
All New Agya GR Sport dikendarai Herdiko Setyaputra serta test driver terbaru TGRI Alvito Hardianto. Bersamaan dengan pengembangan mobil balap baru, kehadiran Alvito sebagai test driver juga menjadi bagian dari program racer development oleh tim TGRI untuk melahirkan pembalap-pembalap nasional baru yang penuh talenta dan kompetitif, khususnya di ajang slalom.
Tren baru dengan tantangan baru di Kota Bekasi, memberikan peluang kepada teknisi tim TGRI untuk memaksimalkan segala aspek dari small hatchback yang sama sekali belum pernah berkompetisi di ajang balap ini, supaya sesuai dengan kebutuhan pembalap dan karakter track.
Di kelas A3 dengan peraturan kapasitas mesin 1.200 cc standar, All New Agya GR Sport tampil perdana dengan dikemudikan oleh Herdiko dan Alvito. Hasilnya, dalam dua heat Herdiko dapat mencatatkan waktu 1:36.570, sehingga ada di posisi 35 dari 61 pembalap.
Sementara itu, Alvito mencatatkan waktu 1:37.010 yang membuatnya menempati posisi 36 dari 61 pembalap. Catatan waktu tersebut belum sanggup mengantarkan kedua kontestan TGRI untuk dapat melanjutkan perjuangan ke babak final di malam hari karena belum berhasil masuk ke dalam 30 besar.
Masih dari kelas A3, dua pembalap andalan TGRI Anjasara Wahyu dan Adrianza Yunial masih mengemudikan Agya GR Sport yang telah berlaga bersama TGRI sejak musim balap 2021. Setelah berhasil naik podium di dua sesi pembuka Kejurnas Slalom, Anjasara Wahyu kembali finish memuaskan dengan catatan waktu kedua tercepat 00:42.469.
Meski Adrianza Yunial harus puas berada di posisi bontot dengan catatan waktu yang kurang maksimal 00:47.385 akibat pinalti karena mengenai pembatas di area finish, hasil ini mengantarkan Anjasara bertengger di posisi atas klasemen kelas A, meninggalkan berbagai competitor yang juga menggunakan mobil dengan spesifikasi diatasnya.
Di kelas F (modifikasi), Herdiko kembali berada di balik kemudi Agya GR Sport untuk mendukung Adrianza dan Anjasara ketika menghadapi rival pembalap lain yang semakin kompetitif. Setelah saling mengejar waktu tercepat, Anjasara kembali berhasil meraih podium pertama dengan catatan waktu tercepat 00:46.893 yang diikuti oleh Adrianza di posisi kedua dengan catatan waktu 00:46.911. Ini Membuat dua posisi teratas klasemen kelas F diisi oleh TGRI lewat Anjasara dan Adrianza.
Pushing the limits for better, Adrianza dan Anjasara langsung memperlihatkan kekompakannya untuk mempertahankan posisi satu klasemen dengan catatan waktu 01:42.327 di Kejurnas Tandem, sehingga menempatkan duo tangguh ini untuk berada di podium kedua, meski menjadi satu-satunya yang menggunakan mobil dengan spesifikasi kelas A3 sebagai pendamping mobil kelas F di lima besar.
“Sejak awal tahap pengembangan, performa All New Agya GR Sport sangat meyakinkan. Meski masih standar mengikuti regulasi kelas A3, power serta torsi yang dihasilkan sudah cukup besar. Harapannya, All New GR Sport bisa sanggup melampaui level of competitiveness pendahulunya,” jelas test driver TGRI Alvito Hardianto.
Discussion about this post