Jakarta, Motoris — PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan merek suku cadang (brand spare parts) resmi T-OPT di GIIAS 2024, belum lama ini. Tagline merek ini adalah parts dengan kualitas terpercaya dan harga terjangkau.
T-OPT menyediakan suku cadang masa pakai cepat atau fast moving parts untuk melengkapi pilihan bagi pelanggan setia Toyota. Ini sejalan dengan komitmen TAM untuk menghadirkan ever-better cars bersama better mobility solution untuk memberikan total ownership experience dan peace of mind kepada pelanggan.
T-OPT hadir sebagai pilihan baru merek suku cadang Toyota. Suku cadang kendaraan terdiri atas dua jenis, yakni fast moving dan slow moving. Komponen slow moving pada mobil adalah parts yang memiliki masa pakai cukup lama. Sebaliknya, komponen fast moving adalah parts mobil yang memiliki masa pakai lebih cepat dan harus diganti secara rutin ketika servis berkala.
T-OPT, kata dia, hadir sebagai solusi baru perawatan kendaraan Toyota, dengan menghadirkan berbagai pilihan fast moving parts yang terjangkau, namun tetap berkualitas, terutama bagi pelanggan yang telah menyelesaikan program T-Care. Dengan kualitas yang terpercaya, pelanggan Toyota dapat terus menjaga performa kendaraannya agar tetap aman dan nyaman saat digunakan.
Produk T-OPT yang dipasarkan antara lain air filter, brake pad, brake shoe, cabin air filter, oil filter, wiper blade, v-belt, dan fuel filter. Brand T-OPT menyediakan parts untuk kendaraan penumpang, seperti Agya, Calya, Avanza, Rush, Veloz, Vios Innova, Yaris, dan Fortuner, serta segmen komersial yaitu Hilux dan Hilux Rangga. Pelanggan dapat memiliki produk-produk T-OPT yang dipasarkan di Toyota Part Shop Partner dan bengkel OtoXpert yang tersebar diseluruh Indonesia.
Ke depannya, dia menuturkan, T-OPT akan terus dikembangkan untuk menambah tipe parts dan meng-cover lebih banyak tipe mobil untuk menjawab kebutuhan pelanggan.
“TAM secara khusus mendukung pengembangan merek T-OPT dengan melakukan riset untuk memastikan produk yang dipasarkan memiliki kualitas terpercaya dengan harga terjangkau. Ini akan memberikan peace of mind kepada pelanggan yang program T-CARE-nya telah selesai, namun tetap ingin layanan after purchase yang terjangkau dan berkualitas,” ujar Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy, dikutip Sabtu (3/8/2024).
Toyota menghadirkan program T-CARE dalam bentuk bebas biaya jasa (free labor) dan biaya suku cadang (free parts) sampai dengan servis berkala ketujuh (maksimal tiga tahun/60 ribu km) beserta keuntungan perpanjangan Toyota Warranty (extended qarranty) satu tahun/20 ribu km, dengan catatan pelanggan rutin servis berkala setiap enam bulan sekali di bengkel resmi Toyota. Program T-CARE juga memberikan rasa tenang kepada pemilik kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota karena mendapatkan kemudahan yang sama.
Pemilik LCGC All New Agya dan New Calya disediakan opsi dua program, yakni T-CARE Lite dan T-CARE Lite+. T-CARE Lite merupakan program bebas biaya jasa (free labor) sampai dengan servis berkala ketujuh (maksimal tiga tahun /60 ribu km).
Sementara itu, T-CARE Lite+ merupakan paket hemat tambahan suku cadang dari servis berkala kedua sampai ketujuh (maksimal tiga tahun/60 ribu km) khusus untuk LCGC. Keuntungan perpanjangan Toyota Warranty (extended warranty) satu tahun/20 ribu km tetap dapat dimanfaatkan oleh pelanggan dengan syarat sama, rutin servis berkala.
Toyota Genuine Parts adalah suku cadang resmi Toyota yang mengedepankan kualitas dan telah dirancang sesuai spesifikasi dan kebutuhan kendaraan di Indonesia. Karena dirancang sesuai standar pabrikan Toyota, bisa dipastikan daya tahan dan kinerja Toyota Genuine Parts jauh lebih baik dibandingkan suku cadang nonorisinal.
Marketing Director TAM Hiroyuki Oide menyatakan, dengan semangat continuous improvement, pihaknya melihat bahwa masih banyak peluang dalam membangun layanan after purchase yang lebih komprehensif.
Dia menambahkan, dalam memberikan total ownership experience, Toyota selalu berusaha menawarkan solusi terbaik dan menyeluruh bagi pelanggan, baik saat fase pembelian, setelah pembelian, maupun trade-in. Fase setelah pembelian (after purchase) memegang peran yang sangat penting, mengingat umumnya sebagian besar waktu kepemilikan kendaraan pelanggan dihabiskan di fase ini.
Oleh karena itu, kata dia, layanan after purchase terus dikembangkan dan dilengkapi untuk memberikan beyond service agar pelanggan merasakan peace of mind sepanjang waktu. Dengan semangat perbaikan berkelanjutan (continuous improvement), Toyota terus mengembangkan diri untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan melalui peningkatan kualitas produk, teknologi, dan layanan. (gbr)
Discussion about this post