Jakarta, Motoris – Hyundai menjadi merek mobil dengan pertumbuhan penjualan tertinggi hingga sampai Mei 2023, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia yang diolah Mandiri Sekuritas, dikutip Minggu dini hari (18/6/2023).
Sampai Mei 2023, penjualan Hyundai melesat 65% menjadi 15.700 unit, dibandingkan periode sama tahun lalu 9.500 unit. Honda berada di posisi kedua dengan pertumbuhan penjualan 18% menjadi 63 ribu unit, diikuti Toyota 11,1% menjadi 135 ribu unit, dan Daihatsu 10,5%.
Meski begitu, Toyota masih membukukan volume penjualan terbesar, diikuti Daihatsu, dan Honda. Adapun Hyundai masih jauh dibandingkan dua raksasa Jepang itu jika bicara soal volume penjualan.
Per Mei lalu, pangsa pasar Hyundai mencapai 3,6%, naik dari periode serupa tahun sebelumnya 2%. Jumlah ini masih jauh dari Toyota di puncak dengan pangsa pasar 30,9%, lalu Daihatsu 20,6%, Honda 13,6%, dan Mitsubishi 12,2%.
Sementara itu, Wuling menjadi merek yang mencetak pertumbuhan penjualan tertinggi pada Mei 2023 secara tahunan, yakni 160% menjadi 2.100 unit, diikuti Daihatsu 129% menjadi 16 ribu unit, Toyota 114% menjadi 28.528 unit, dan Honda 37,5% menjadi 11.200 unit.
Mei 2023, penjualan mobil secara wholesales naik 66% secara tahunan menjadi 82 ribu unit dan 39,4% secara bulanan. Per Mei 2023, penjualan mobil tumbuh 6,8% menjadi 423 ribu unit, sejalan dengan estimasi Gaikindo, lantaran telah mencapai 40% dari target 1,05 juta unit.
Sementara itu, Mei 2023, penjualan mobil Grup Astra, terdiri atas Toyota+Lexus, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks, dan Peugoet masih cukup kuat, sebanyak 46.900 unit, naik 103% secara tahunan. Akumulasi penjualan Grup Astra sampai Mei lalu naik 9,5% menjadi 231 ribu unit.
“Pangsa pasar Astra per Mei 2023 mencapai 54,7% dari tahun lalu 53,4%,” tulis Mansek. (gbr)
Discussion about this post