Jakarta, Motoris – Konsumsi bensin Toyota All New Agya dan All New Agya GR Sport diklaim 21 kilometer per liter (kpl) lebih. Adapun harga jual mobil ini berkisar Rp 167-256 juta.
Perinciannya, harga All New Agya yang berkisar Rp 167-191 jutaan rupiah, sedangkan Agya GR Sport mulai dari Rp 240-256 jutaan, on the road (OTR) DKI Jakarta. Harga Agya GR Sport wajar kebih mahal dibandingkan saudaranya All New Agya dan All New Daihatsu Ayla, mengingat bukan mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) dan banyaknya modifikasi atas arahan Gazoo Racing, tuner resmi Toyota dunia.
Hal itu diumumkan PT Toyota Astra Motor (TAM) di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2023, Jakarta Convention Center, Jumat (10/3/2023). “Pengembangan Agya difokuskan untuk memperkuat basic value sebuah model di segmen entry, sedangkan Agya GR Sport memberikan nilai tambah berupa special tuning yang membuatnya lebih fun to drive,” kata Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy dalam keterangan resmi.
Selain konsumsi bensin yang irit, All New Agya dan All New Agya GR Sport memanfaatkan platform baru yang memberikan ruang untuk penggunaan mesin baru. Keduanya mengadopsi mesin baru, bensin 1.200 cc, tiga silinder , dual VVT-i bertenaga 88 PS dan torsi yang lebih tinggi pada 113 Nm. Perbaikan di putaran mesin rendah memberikan power agility yang lebih baik di dua mobil ini, sekaligus konsumsi bensin irit, rata-rata 21 kpl lebih.
Performa hatchback ini diperkuat oleh transmisi CVT baru yang dikembangkan dengan fixed gear ratio sehingga mampu menghasilkan akselerasi yang lebih cepat dan linear. Selain itu, transmisi CVT juga dibekali dengan teknologi active D control yang bekerja lebih hening pada kondisi normal dan menjaga efisiensi bahan bakar, namun tetap mampu memberikan akselerasi secara instan.
Tersedia dalam tipe E dan tipe G, gaya desain eksterior Agya dikembangkan untuk menciptakan image yang sporty, powerful, dan agresif. Berkat desain baru, Agya memiliki performa aerodinamika yang lebih baik dengan coefficient of drag 3% lebih rendah, sehingga Agya menjadi lebih stabil dan lincah.
Sisi depannya tampil agresif berkat desain bumper yang tajam dan volume yang padat serta lebar sehingga menciptakan postur tubuh yang kuat. Kesan agresif diperkuat oleh desain LED headlamp yang tajam dan vertical LED illumination lamp. All-front LED lamp memperkuat kesan dinamis dan modern sekaligus canggih dengan adanya fitur follow me home dan auto cut off.
Agya tipe E menggunakan pelek baja 14 inci, sedangkan tipe G aluminium 14 inci. Agya dilengkapi dengan fitur dan teknologi terbaru Toyota, seperti audio dengan head unit 7 inci lengkap dengan fitur mirroring, ditambah koneksi via Bluetooth, AUX-IN, dan USB. Lalu, tilt steering serta front & rear separated head rest sudah ada pada semua tipe, sedangkan AC digital, steering switch, dan push start button tersedia di tipe G. Khusus tipe CVT, tersedia paddleshift dan power mode untuk memaksimalkan distribusi tenaga sehingga lebih fun to drive. Electric Mirror juga menjadi fitur standar di tipe E dan G, di mana tipe G mendapatkan tambahan fitur smart entry system.
Fitur safety Agya ditingkatkan dengan memperkuat beberapa elemen sasis dalam meredam efek tabrakan dari berbagai arah. Diameter teromol rem belakang ditambah untuk meningkatkan daya pengereman, disinergikan dengan rem cakram di depan dan penggunaan fitur ABS+EBD. Terdapat pula rear parking sensor, speed sensor lock, alarm, dan immobilizer, Isofix, serta seat belt warning. Dual airbags ada di seluruh tipe, berikut vehicle stability control (VSC) dan hill start assist (HSA) sebagai standar.
Spesifikasi All-New Agya GR Sport
Sementara itu, Agya GR Sport dilengkapi dengan aero kit yang meningkatkan aerodinamika sporty hatchback ini. Penambahan down force membuatnya dapat bermanuver dengan stabil dan lincah. Semakin stabil dan memikat dengan pemasangan GR-S 15-inch machinery alloy wheel yang sporty.
Agya GR Sport juga didukung dengan tuning pada bagian power steering dengan power motor yang lebih tinggi, steering gear dengan gear ratio yang lebih rendah, serta bagian kaki-kaki yang mengadopsi shock absorber serta coil spring yang lebih rigid. Ini diperkuat oleh penggunaan sport tires untuk steering yang lebih responsif dan handling superior.
Di dalam kabin, tersemat beberapa sentuhan signature GR Sport, seperti dark silver ornament color pada kisi AC, GR Sport logo dan red stitch pada bangku depan dan bagian bawah kemudi sudah berbahan kulit sintetis, floor mat, serta leather shift knob. (gbr)
Discussion about this post