Friday, August 22, 2025
Motoris.id
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
Motoris.id
No Result
View All Result

Di Thailand, Mobil Hybrid dan BEV Akur, di RI Dibikin Berantem

by admin
October 12, 2022
in Mobil
Toyota Camry Hybrid (TAM)

Toyota Camry Hybrid (TAM)

Share on Facebook

Jakarta, Motoris – Mobil hybrid dan mobil listrik baterai (battery electric vehicle/BEV) akur di Thailand, lantaran menjadi alat untuk mengurangi emisi karbon. Namun, di Indonesia, mobil hybrid dan BEV sering dipertentangkan alias dibikin berantem.

Beberapa kalangan menyebut mobil hybrid tak bisa diandalkan, karena masih mengeluarkan emisi karbon. Adapun BEV dinilai layak dijagokan, karena nol emisi karbon. Padahal, jika menilik pendekatan life cycle analysis, BEV tidak bisa bebas emisi, jika masih menggunakan listrik dari pembangkit listrik tenaga fosil. Dari sini, muncul kesan mobil hybrid dan BEV kerap diadu di Indonesia alias main jago-jagoan dan efektif-efektifan dalam menekan emisi.

Baca Juga:

Cuan Pabrikan Jepang Cuma 4%, yang Bikin Mobil Mahal Pajak!!!!!  

Tanpa Subsidi, Harga Denza Lebih Mahal dari Alphard Bensin  

Impor Otomotif Melejit 31%, Efek Serbuan Mobil Subsidi Cina

“Harusnya, BEV dan mobil listrik saling mendukung dan membentuk ekosistem mobil elektrifikasi. Di negara itu, ekosistem elektrifikasi bahkan sudah menyentuh industri daur ulang yang menangani 1.000 baterai per tahun,” ujar Bob Azam, direktur hubungan eksternal TMMIN, dalam sebuah seminar di Surabaya, Selasa (11/10/2022).

Dia menuturkan, Thailand sudah menghasilkan baterai bekas dengan harga sepertiga baterai baru. Itu artinya, ekosistem mobil elektrifikasi semakin luas, karena didukung kebijakan yang baik.

Bob menilai, mobil hybrid punya keunggulan dari sisi efisiensi bahan bakar, yakni 50% lebih rendah dibandingkan mobil pembakaran internal (internal combustion engine/ICE). Artinya, mobil hybrid bisa menjadi senjata mengurangi emisi.

Selanjutnya, dia menuturkan, BEV juga bisa diandalkan. Itu sebabnya, pada 2030, Toyota global akan menghadirkan 30 model BEV dengan target penjualan 3,5 juta unit. Toyota menganggap ekosistem dan teknologi baterai BEV sudah terakselerasi di saat itu, sehingga sudah waktunya masuk.

Di Eropa, dia menegaskan, BEV tersedia di segmen premium dan menengah. Eropa kini agresif menggeber penjualan BEV dengan merilis sejumlah insentif, seperti subsidi. Beberapa negara Eropa memberikan subsidi alias cashback dalam pembelian BEV sekitar Rp 100 juta, sedangkan Cina berkisar Rp 100-200 juta. Amerika Serikat (AS) memberikan subsidi US$ 7.500 untuk pembelian BEV, kendati bakal ada perubahan radikal kebijakan ini tahun depan.

“Ini dilakukan bukan semata mengejar penurunan emisi, melainkan mereka ingin memimpin perubahan teknologi yang bisa menguntungkan,” kata dia.

Dia menilai, hal itu sulit diterapkan di Indonesia dan akan memicu kontroversi. Orang akan bilang, buat apa menyubsidi BEV, lebih baik sembako.

Sejalan dengan itu, dia menyatakan, Indonesia harus menentukan teknologi yang tepat dan efektif untuk mengurangi emisi. Prinsipnya, untuk masuk BEV, ada milestone yang harus dijalani, tidak bisa lompat-lompat.

“Sama seperti manusia, yang tidak bisa langsung lari. Ada proses yang harus dilalui, seperti merangkak, berjalan, baru belari,” tegas dia. (gbr)

Tags: BerantemBEVEmisi KarbonHeadlineMobil HybridMobil ListrikTeknologiToyota
Previous Post

Subsidi Ideal Mobil Listrik Rp 75 Juta, Pemerintah Sanggup????

Next Post

Aura Camry dan Corolla Terpancar di All New Vios, Harga Mulai Rp 314 Juta, Bayar!!!

Related Posts

Lama-lama Enakan Lihat Xenia ketimbang Avanza, Ini Daftar Kelebihannya

Cuan Pabrikan Jepang Cuma 4%, yang Bikin Mobil Mahal Pajak!!!!!  

August 16, 2025

Jakarta, Motoris – Hampir setiap hari akun Tiktok Motoris dibanjiri komentar yang menyebut cuan pabrikan mobil Jepang ketinggian, sehingga harga...

MPV Listrik Rp 950 Juta, Dapat Apa Aja Nih?

Tanpa Subsidi, Harga Denza Lebih Mahal dari Alphard Bensin  

August 15, 2025

Jakarta, Motoris – Harga Denza D9 sejatinya lebih mahal dari Toyota Alphard bensin, jika subsidi pajak masif pemerintah dicabut. Namun,...

Turki Ikutan Hajar Mobil Cina, Uni Eropa Kemungkinan Nyusul

Impor Otomotif Melejit 31%, Efek Serbuan Mobil Subsidi Cina

August 7, 2025

Jakarta, Motoris – Impor otomotif makin tak terkendali, yang dipicu banjir mobil listrik baterai (BEV) asal Cina, seiring adanya subsidi...

Tanpa Subsidi, Harga BYD Atto 1 Rp 300 Juta Lebih, Murahan LCGC

Tanpa Subsidi, Harga BYD Atto 1 Rp 300 Juta Lebih, Murahan LCGC

August 6, 2025

Jakarta, Motoris – Harga BYD Atto 1 tanpa subsidi sebenarnya nggak murah, bisa Rp 300 juta lebih, setara hatchback Jepang...

Discussion about this post

Terpopuler

  • Sssttttttt, IBC Disebut Mau Akuisisi Motor Listrik Gesits

    Lima Motor Listrik Bisa Saling Tukar Baterai, Ini Daftarnya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Penjualan Motor Listrik Polytron Turun 50%, Nasib Mobil Bagaimana?????

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kondisi Keuangan BYD Disebut Berantakan, Utang Tembus Rp 1.300 Triliun

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tanpa Subsidi, Harga Denza Lebih Mahal dari Alphard Bensin  

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Harga PCX Bekas Kembali Normal, Cek Daftar Lengkapnya 

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Terkini

Indomobil Untung Gede dari Dagang Jaguar Land Rover

Dagang Mercy, Indomobil Boncos Gede

August 20, 2025
Prabowo Dukung Ketum Forwot Baru Cang Arie

Prabowo Dukung Ketum Forwot Baru Cang Arie

August 18, 2025
Lama-lama Enakan Lihat Xenia ketimbang Avanza, Ini Daftar Kelebihannya

Cuan Pabrikan Jepang Cuma 4%, yang Bikin Mobil Mahal Pajak!!!!!  

August 16, 2025
MPV Listrik Rp 950 Juta, Dapat Apa Aja Nih?

Tanpa Subsidi, Harga Denza Lebih Mahal dari Alphard Bensin  

August 15, 2025
Tanpa Subsidi, Harga BYD Atto 1 Rp 300 Juta Lebih, Murahan LCGC

Waspada Jepang, Cina Bakal Ngamuk di Agustus

August 12, 2025
Motoris.id

Catatan Digital Otomotif

Office: Jalan Pulosirih Timur 6, Blok CD 89, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan

Email : motorisdev@gmail.com

Kategori

  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

ERA Network

  • Beritaapm.com
  • Makansedap.id
  • Landbank.co.id
  • IndoDigital.co.id
  • Fundflow.id
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK

No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK