Jakarta, Motoris – Pangsa pasar Grup Astra, penguasa industri mobil Indonesia, melorot dalam pada Agustus 2022, setelah Hyundai Stargazer hadir. Selain itu, para rival lama Astra, Honda, Mitsubishi, dan Suzuki sukses menorehkan penjualan tinggi pada bulan lalu.
Berdasarkan riset BRI Danreksa, Rabu (14/9/2022), penjualan mobil naik 12,4% secara bulanan pada Agustus 2022 menjadi 96.959 units, didorong GIIAS 2022 yang digelar 11-21 Agustus. Di pameran itu, BRI Danareksa mencatat, total order mencapai 5.434 unit, baik 21% dari 2021.
Meski pasar bergairah, pangsa pasar Astra malah melorot menjadi 51%, karena tak ada barang baru Astra di pameran itu. Sebaliknya, Hyundai Stargazer meraup penjualan 3.955 unit Agustus 2022.
Bulan lalu, penjualan Astra hanya naik 2,5% secara bulanan, di bawah kinerja industri. Maka wajar jika pangsa pasar Astra turun.
Agustus 2022, Daihatsu, salah satu merek andalan Astra, mencetak penurunan penjualan 4% menjadi 15.399 unit. Imbasnya, pangsa pasar turun menjadi 16% dari 18%.
Toyota, mesin duit Astra, meraih pertumbuhan penjualan 5% menjadi 30.844 unit. Pangsa pasar turun menjadi 32% dari 34%.
Per Agustus 2022, penjualan mobil Grup Astra tumbuh 21% menjadi 357.663 unit. Sementara itu, pasar mobil naik 21% menjadi 658 ribu unit.
Discussion about this post