Jakarta, Motoris – Mitsubishi Xforce bekerja dalam senyap. Yup, barang baru Mitsubishi ini ternyata mampu meraih pangsa pasar besar di segmen LSUV lima penumpang nasional pada tahun fiskal 2023.
Yoshio Igarashi, director of sales and marketing division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menyatakan, XForce mendapat respons yang positif sejak dikenalkan pada tahun lalu November 2023.
“XForce mendapatkan pangsa pasar (market share) 13% di kelasnya. Hasil ini merupakan indikasi yang baik buat Xforce, di mana model ini mempertahankan posisi kedua di SUV lima seater, sehingga menjadi penantang yang perlu diperhitungkan,” kata Yoshio di sela acara buka puasa bersama MMKSI bersama para jurnalis, Senin (1/4/2024) malam.
Dia menambahkan, penetrasi model lain Mitsubishi juga cukup mengigit. Di segmen MPV, Mitsubishi mempertahankan posisi sebagai top two di segmen itu melalui XPander dan XPander Cross yang masih jadi pilihan masyarakat Indonesia. Berkat performa dan kenyamanan terbaik, Mitsubishi mendapatkan market share 23%.
“Mitsubishi Pajero Sport juga masih bersaing di segmennya dan meraup market share 41%. Adapun Triton, dengan kondisi ekonomi yang diharapkan lebih baik, penjualannya diharapkan lebih baik,” tegas dia.
Dia menambahkan, di segmen kendaraan niaga ringan, L300 meraup market share 55%. Ini menunjukkan L300 adalah produk mobil pickup tiada banding bagi konsumen di Indonesia.
Secara umum, dia menilai, 2023 menjadi tahun spesial buat MMKSI, di mana Perusahaan ini juga memperkenalkan XForce sebagai line up baru dan L100 EV sebagai salah satu produk inovatif kendaraan listrik.
MMKSI, kata dia, menjual 77.937 unit kendaraan selama Maret 2023 hingga Maret 2024. Ini bukan hasil terbaik bagi MMKSI, dibandingkan tahun lalu. Alasannya, kondisi pasar turun, termasuk di segmen line up Mitsubishi
“Kami mempersiapkan strategi kompetitif dan inovatif agar bisa memberikan pilihan bagi masyarakat. Dengan begini, kami tetap dapat mempertahankan posisi,” tegas dia.
Selain produk kompetitif dan inovatif, dia menyatakan, MMKSI percaya jaringan purnajual menjadi kelebihan yang harus dimiliki. Tahun ini, MMKSI akan melanjutkan aktivitas di bidang ini, sebagai komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan.
Tahun fiskal 2023, kata dia, menjadi momentum Mitsubishi untuk memperluas eksistensi di layanan purnajual.
“Target penjualan kami di tahun fiskal 2024 mencapai 100 ribu unit. Kami akan lakukan usaha yang terbaik untuk mencapainya. Terakhir, yang tetap menjadi komitmen kami adalah mempertahankan kelebihan, termasuk di layanan after-sales,” ungkap dia.
Discussion about this post