Jakarta, Motoris – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), agen tunggal pemegang merek (ATPM) dan distributor Mazda di Indonesia, meluncurkan SUV terbaru, All New Mazda CX-60, yang memiliki banyak kelebihan. Wajar saja jika SUV kencang ini dibanderol Rp 1 miliaran.
Salah satu kelebihan All-New Mazda CX-60 adalah dilengkapi berbagai fitur terbaru yang belum ada di produk Mazda yang sebelumnya, tampil elegan dengan performa tinggi dan ramah lingkungan. Mobil ini akan memenuhi kebutuhan berkendara yang dinamis bagi para penggemar SUV premium.
Kelebihan lainnya, All-New Mazda CX-60 lahir dengan filosofi Jinba-Ittai yang lebih disempurnakan lagi oleh para engineer Mazda, The Perfect Jinba-Ittai. Filosofi ini mendefinisikan hubungan tanpa batas antara mobil dan pengemudi. Ideologi Jinba-Ittai yang telah berkembang selama tiga generasi, mengubah pengalaman berkendara dan memikat para penggemar mobil di seluruh dunia. Jinba-Ittai juga telah menjadi bagian dari perjalanan panjang Mazda dalam pengembangan berbagai model kendaraan, terutama dalam aspek keselamatan dan kenyamanan.
“Desain Mazda CX-60 sarat dengan cerminan budaya dan lahir dari filosofi estetika Jepang yang unik. Filosofi Jinba-Ittai yang lebih disempurnakan lagi oleh para engineer Mazda, menjadikan All-New Mazda CX-60 sebagai mobil dengan ideologi The Perfect Jinba-Ittai, hubungan tanpa batas antara mobil dan pengemudi, terutama hubungan dalam aspek keselamatan dan kenyamanan,” ujar Ricky Thio, managing director PT Eurokars Motor Indonesia, dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (28/7/2023).
Fokus Mazda, kata dia, tidak hanya sebuah estetika, namun tentang DNA Mazda yang berakar pada harmonisasi berkendara, kemanusiaan, dan alam sekitar. Mazda melihat pengalaman berkendara sebagai hubungan simbiosis dengan lingkungan sekitar.
Seperti kita mengapresiasi sebuah karya dari seorang seniman yang berpengalaman, dia menuturkan, mobil Mazda dibuat oleh para takumi, yang menjadikan Mazda sebagai Japanese mastery car. All-New Mazda CX-60 merupakan sebuah contoh yang merefleksikan semangat itu.
“Truly mass-craftsmanship, crafted in Japan. ideologi jinba-ittai pada All-New Mazda CX-60 mampu meningkatkan pengalaman dan rasa berkendara yang lebih baik lagi di setiap pergerakannya,” kata dia.
Dengan mewujudkan tarikan desain Kodo khas Mazda, CX-60 hadir dengan eksterior yang elegan dan memiliki lekukan indah perpaduan dari cahaya dan bayangan natural di sekelilingnya. Ini membuat warna-warna premium All-New Mazda CX-60 terlihat lebih cantik dan dinamis. Terinspirasi oleh elemen organik dan juga gerakan kaligrafi Jepang, lekukan bodi CX-60 dibuat dengan halus dari bawah ke atas untuk menyelaraskan keindahan alam dan dunia pengendaranya.
Salah satu yang menjadi kekuatan CX-60 adalah impresi “noble toughness” pada tampilan eksteriornya. Konsep ini menggabungkan keunikan dan keanggunan desain Kodo yang dipadukan dengan sasis SUV berpenggerak roda belakang. Pada fender depan terdapat side signature baru disertakan emblem INLINE 6 berfungsi untuk menegaskan, CX-60 adalah SUV dengan performa berkendara yang luar biasa.
Dapur Pacu
All-New Mazda CX-60 menggunakan mesin 3.3 L, inline 6-silinder, e-Skyactiv–G, turbocharged, dilengkapi dengan teknologi M-Hybrid Boost (mild hybrid system) yang mampu menghasilkan tenaga 280 hp dan torsi 450 Nm. Selain memberikan performa maksimal, mesin ini memiliki efisiensi bahan bakar yang baik.
Perkembangan terbaru pada desain Kodo ini dipadukan dengan ketangguhan arsitektur SUV dengan layout FR (front engine, rear wheel drive). Kehadirannya di pasar Indonesia disajikan dalam satu varian platform roda penggerak, yaitu all wheel drive (AWD) dengan setelan i-Activ yang secara primer mendukung pergerakan seluruh roda saat bergerak.
Desain elegan CX-60 terlihat dari jahitan kakenui hingga trim kulit nappa pada interior bangkunya, serta paduan material premium, seperti tekstil tenun dan kayu maple dalam desain kabin kontemporer. Kontrol kendaraan juga disematkan pada bagian tengah dengan menyajikan konsep ergonomis. Keseluruhan hal ini memberikan kesan ruang tenang, luas, dan canggih sehingga menciptakan kemudahan dan keselarasan saat berkendara.
“Kami ingin terus menjalankan visi Mazda di Indonesia, selaras dengan nilai-nilai yang dianut oleh individu di era ini. CX-60 adalah bukti dari implementasi visi ini, sebagaimana dikembangkan di bawah filosofi human-centric kami. CX-60 mengutamakan pengendaranya, dimana para engineer Mazda ingin menciptakan setiap aspek yang selalu memberikan pengalaman penuh kenyamanan, keamanan, dan kemudahan bagi pengendara dan orang yang di cintai,” ujar Ricky Thio.
Lebih lanjut Ricky Thio mengatakan, Mazda kembali menyematkan teknologi terbaru pada kendaraan SUV ini. Al, yakni driver personalization system, yang dapat secara otomatis mengatur posisi mengemudi jinba-ittai khas Mazda hanya dengan memasukan data tinggi badan pengemudi.
Selain posisi mengemudi yang termasuk penyesuaian posisi kursi, setir, spion samping dan heads-up display, teknologi ini juga menyimpan preferensi pengemudi untuk suhu dalam kabin, pengaturan sound system dan juga sistem keselamatan aktif i-Activsense.
Selanjutnya, CX-60 memiliki fitur Mazda Intelligent Drive Select (Mi-Drive) yaitu sistem yang mengganti mode berkendara tergantung pada kondisi mengemudi, kondisi jalan, dan kondisi kendaraan. Mode tersebut dapat dialihkan dari normal ke sport hingga off-road yang dapat dipilih pengendara sesuai dengan kebutuhannya.
Mazda juga menyematkan kinematic posture control (KPC) yang akan memberikan pengendaraan yang stabil serta meningkatkan kenyamanan selama berkendara. All-New Mazda CX-60 juga memiliki transmisi 8-speed automatic terbaru sehingga memberikan distribusi tenaga yang merata serta semakin meningkatkan pengalaman berkendaranya.
“CX-60 masuk pasar Indonesia dalam dua edisi, yaitu Kuro Edition dan Elite Edition. Kami berharap keseluruhan teknologi dan performa yang masih mempertahankan karakter desain yang elegan serta aksen aerodinamis pada sisi samping mobil, dapat tepat menambah kesan sporty dan elegan untuk memenuhi seluruh kebutuhan penggunanya, cocok untuk customer dengan karakter Independent Achiever,” kata dia.
All-New Mazda CX-60 dipasarkan dengan harga Rp 1,188 miliar, on the road Jakarta untuk Kuro dan Edition.
Discussion about this post