Thursday, August 21, 2025
Motoris.id
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
Motoris.id
No Result
View All Result

Urusan Mobil Listrik, RI Pilih Hyundai ketimbang Pemain Jepang

by admin
March 25, 2023
in Mobil
Hyundai Service Booth untuk mendukung KTT G20. (ist)

Hyundai Service Booth untuk mendukung KTT G20. (ist)

Share on Facebook

Jakarta, Motoris – Pemerintah Indonesia dan Hyundai sepakat melakukan kolaborasi membangun ekosistem mobil listrik baterai (battery electric vehicle/BEV), ketimbang pemain Jepang.

Rencana kolaborasi Indonesia dan Hyundai di ekosistem mobil listrik mencuat dalam forum bisnis 50 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Korea Selatan (Korsel), negara asal Hyundai.

Baca Juga:

Cuan Pabrikan Jepang Cuma 4%, yang Bikin Mobil Mahal Pajak!!!!!  

Tanpa Subsidi, Harga Denza Lebih Mahal dari Alphard Bensin  

Impor Otomotif Melejit 31%, Efek Serbuan Mobil Subsidi Cina

“Kolaborasi ini sangat penting, karena Korsel memiliki teknologi baterai lithium. Sementara itu, tahun 2027, kami berharap bisa menjadi produsen baterai lithium terbesar dunia,” ujar Menko Marinves Luhut Pandjaitan di forum itu, dilansir dari The Korea Herald, Jumat (24/3/2023).

Pemerintah Indonesia berencana memangkas tarif PPn BEV menjadi 1% dari tarif normal 11% untuk meningkatkan penjualan kendaraan ini. Saat ini, penjualan mobil baru di Indonesia sekitar 1 juta unit per tahun.

Lee Young-tack, executive vice president Hyundai Motor Group yang bertanggung jawab untuk kawasan Asia Pasifik, memastikan, Hyundai akan bergabung dengan pemerintah Indonesia untuk mendorong penjualan BEV.

“Hyundai mengerahkan semua upaya di seluruh ekosistem BEV untuk mendukung industri ini di Indonesia. Ini sejalan dengan rencana menengah dan jangka panjang kebijakan ramah lingkungan dan energi Indonesia,” kata dia.

Hyundai, kata dia, telah membangun pabrik perakitan BEV sekaligus baterainya di Indonesia. Saat ini, konstruksi pabrik sel baterai Hyundai di Karawang, Jawa Barat, berjalan dan ditargetkan mulai berproduksi awal 2024.

Hyundai adalah pemain BEV terbesar di Indonesia, dengan model andalan Ioniq 5 yang sudah dilokalisasi. Tahun lalu, penjualan BEV Hyundai mencapai 2.500 unit dan tahun ini ditargetkan mencapai 10 ribu unit, dengan harapan bisa meninggalkan jauh Tesla dan Lexus di belakang.

Catatan Motoris, Tesla tidak memiliki APM di Indonesia, sedangkan Lexus, kita tahu semua, dipegang Toyota Astra Motor. (gbr)

 

Tags: HeadlineHyundaiIndonesiaKolaborasiMobil ListrikPemerintah
Previous Post

MPM Setor Duit Rp 11 Triliun ke AHM, Adem Bozzz

Next Post

Gempar, BYD Akhirnya Bangun Pabrik di Indonesia

Related Posts

Lama-lama Enakan Lihat Xenia ketimbang Avanza, Ini Daftar Kelebihannya

Cuan Pabrikan Jepang Cuma 4%, yang Bikin Mobil Mahal Pajak!!!!!  

August 16, 2025

Jakarta, Motoris – Hampir setiap hari akun Tiktok Motoris dibanjiri komentar yang menyebut cuan pabrikan mobil Jepang ketinggian, sehingga harga...

MPV Listrik Rp 950 Juta, Dapat Apa Aja Nih?

Tanpa Subsidi, Harga Denza Lebih Mahal dari Alphard Bensin  

August 15, 2025

Jakarta, Motoris – Harga Denza D9 sejatinya lebih mahal dari Toyota Alphard bensin, jika subsidi pajak masif pemerintah dicabut. Namun,...

Turki Ikutan Hajar Mobil Cina, Uni Eropa Kemungkinan Nyusul

Impor Otomotif Melejit 31%, Efek Serbuan Mobil Subsidi Cina

August 7, 2025

Jakarta, Motoris – Impor otomotif makin tak terkendali, yang dipicu banjir mobil listrik baterai (BEV) asal Cina, seiring adanya subsidi...

Tanpa Subsidi, Harga BYD Atto 1 Rp 300 Juta Lebih, Murahan LCGC

Tanpa Subsidi, Harga BYD Atto 1 Rp 300 Juta Lebih, Murahan LCGC

August 6, 2025

Jakarta, Motoris – Harga BYD Atto 1 tanpa subsidi sebenarnya nggak murah, bisa Rp 300 juta lebih, setara hatchback Jepang...

Discussion about this post

Terpopuler

  • AHM Buka Layanan Pengecekan Rangka eSAF

    Gara-gara Kasus Esaf, Pangsa Pasar Honda Terkikis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Update Harga Vario 160 Bekas Semua Tahun, Ambruk Brooo

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tanpa Subsidi, Harga BYD Atto 1 Rp 300 Juta Lebih, Murahan LCGC

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jangan Bandingin Alphard dan Denza D9, Satu Bayar Pajak Normal, Satu Subsidi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Penonton Kecewa, Biaya Kepemilikan Mobil Listrik Lebih Mahal dari Bensin

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Terkini

Indomobil Untung Gede dari Dagang Jaguar Land Rover

Dagang Mercy, Indomobil Boncos Gede

August 20, 2025
Prabowo Dukung Ketum Forwot Baru Cang Arie

Prabowo Dukung Ketum Forwot Baru Cang Arie

August 18, 2025
Lama-lama Enakan Lihat Xenia ketimbang Avanza, Ini Daftar Kelebihannya

Cuan Pabrikan Jepang Cuma 4%, yang Bikin Mobil Mahal Pajak!!!!!  

August 16, 2025
MPV Listrik Rp 950 Juta, Dapat Apa Aja Nih?

Tanpa Subsidi, Harga Denza Lebih Mahal dari Alphard Bensin  

August 15, 2025
Tanpa Subsidi, Harga BYD Atto 1 Rp 300 Juta Lebih, Murahan LCGC

Waspada Jepang, Cina Bakal Ngamuk di Agustus

August 12, 2025
Motoris.id

Catatan Digital Otomotif

Office: Jalan Pulosirih Timur 6, Blok CD 89, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan

Email : motorisdev@gmail.com

Kategori

  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

ERA Network

  • Beritaapm.com
  • Makansedap.id
  • Landbank.co.id
  • IndoDigital.co.id
  • Fundflow.id
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK

No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK