Jakarta, Motoris – Penjualan Mitsubishi, Honda, dan Suzuki ngacir pada Agustus 2022, lantaran diteror pemain Hyundai. Sementara itu, Toyota slow dan Daihatsu terjungkal.
Berdasarkan laporan riset RHB Sekuritas, penjualan Mitsubishi Agustus 2022 naik 17,4% secara bulanan menjadi 13.800 unit dari 11.800 unit, Honda naik 19% menjadi 11.400 unit dari 9.600 unit, sedangkan Suzuki naik 8% menjadi 8.100 unit. Adapun penjualan Hyundai meroket 152% menjadi 5.700 unit, tertinggi di antara seluruh merek yang ada di Indonesia.
Wuling, masih berdasarkan data RHB, juga memompa penjualan 87% menjadi 2.800 unit. Namun, jumlah itu masih jauh di bawah Hyundai. Merek Cina ini pun harus takluk di tangan Hyundai.
Sementara itu, penjualan Toyota, jagoan Grup Astra, hanya tumbuh 5% menjadi 30.900 unit, sedangkan saudaranya Daihatsu ambruk 3,7% menjadi 15.300 unit.
Seiring dengan itu, RHB mencatat, pangsa pasar Astra Agustus 2022 turun dalam, dari 56% menjadi 51%. Ini tak lepas dari kerasnya persaing dengan Hyundai lewat Stargazer dan Mitsubishi lewat New Xpander Cross. Pangsa pasar mobil non-Astra melambung menjadi 48,5% Agustus 2022 dibandingkan Juli 43,6%,
Satu hal yang menarik, tulis RHB, wholesales Avanza menyentuh rekor baru pada bulan lalu dan tetap memimpin pasar LMPV nasional, segmen panas yang kini diisi Stargazer. Astra juga masih mendominasi LCGC dengan pangsa pasar 80% dan kontribusi penjualan 27%. (gbr)
Discussion about this post