Jakarta, Motoris – Hyundai sukses mengguncang GIIAS 2022. Selama pameran yang berlangsung di ICE, BSD City, Tangerang, Banten, 11-21 Agustus 2022, itu, booth Hyundai disebut paling banyak menyedot pengunjung, sehingga merek Jepang, seperti Toyota sang pemimpin pasar kalah, apalagi Jepang-Jepang lain.
Hyundai, raksasa otomotif Korea Selatan (Korsel) bisa sukses di GIIAS 2022, lantaran meluncurkan barang panas Stargazer. Tak ayal lagi, booth Hyundai paling ramai diserbu pengunjung, entah itu hari kerja atau akhir pekan.
Booth Hyundai di GIIAS 2022 juga cukup eksentrik, karena memasang LED raksasa. Berkat inovasi ini, Hyundai mendapatkan rekor MURI. Hyundai Ioniq 5, mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia, juga membetot perhatian pengunjung, kendati inden mobil ini sangat panjang, sekitar satu tahun.
Trimegah Sekuritas menilai, dari sekian banyak mobil yang dirilis di GIIAS 2022, hanya Stargazer yang mencuri perhatian. Mobil ini sangat disruptif di kelas LMPV, mengingat dibanderol Rp 243-307 juta. Ini bisa menjadi ancaman serius pemain-pemain lama Jepang.
“Booth Hyundai adalah yang paling ramai di GIIAS 2022 di antara semua merek yang ikut di pameran itu. Ini wajar saja, booth Hyundai sangat luas dan menyamai Toyota,” tulis broker itu dalam laporan riset, Senin (22/8/2022).
Hal itu memberikan kode keras bahwa Hyundai akan sangat agresif membombardir pasar mobil Indonesia. Sejauh ini, upaya itu mulai membuah hasil. Kuartal II-2022, pangsa pasar Hyundai mencapai 2,6% vs sepanjang 2021 sebesar 0,3%. Patut dicatat, pada periode itu, Hyundai baru memasarkan Creta, belum Stargazer. Jadi, bisa dibayangkan betapa gilanya Hyundai begitu Stargazer sudah masuk rekap penjualan. (gbr)
Discussion about this post