Friday, August 22, 2025
Motoris.id
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
Motoris.id
No Result
View All Result

Trimegah: Biaya Kepemilikan Mobil Listrik Wuling Lebih Mahal dari LCGC

by admin
August 2, 2022
in Mobil
Mobil listrik Wuling Air EV. (ist)

Mobil listrik Wuling Air EV. (ist)

Share on Facebook

Jakarta, Motoris – Total biaya kepemilikan mobil listrik (electric vehicle/EV) Wuling Air EV selama lima tahun ternyata lebih mahal dibandingkan LCGC Toyota Agya, berdasarkan estimasi broker saham Trimegah Sekuritas. Loh kok bisa? Bukannya biaya mobil listrik lebih murah dari mobil biasa alias pembakaran internal.

Begini jawaban Trimegah dalam laporan riset, belum lama ini. Trimegah mengasumsikan LCGC menenggak Toyota Agya lansiran 2022 menenggah Pertalite dengan konsumsi bensin 1 liter per 15 kilometer dan biaya perawatan Rp 1 juta per 10 ribu km. Sementara itu, Wuling Air IV menelan biaya listrik Rp 1.500 per kWh.

Baca Juga:

Cuan Pabrikan Jepang Cuma 4%, yang Bikin Mobil Mahal Pajak!!!!!  

Tanpa Subsidi, Harga Denza Lebih Mahal dari Alphard Bensin  

Impor Otomotif Melejit 31%, Efek Serbuan Mobil Subsidi Cina

Dengan asumsi jarak tempuh 72.600 km selama lima tahun, biaya energi Agya 2022 yang dibanderol Rp 169 juta mencapai Rp 37 juta, sedangkan Air EV hanya Rp 9,6 juta. Lalu, Agya harus mengeluarkan total biaya perawatan Rp 7 juta selama lima tahun, sedangkan Air EV tidak.

Namun, berhubung harga Air EV Long Range Rp 300 jutaan, total biaya kepemilikan mobil ini selama lima tahun mencapai Rp 309,6 juta, 45% lebih mahal dari Agya Rp 213,3 juta.

Trimegah kemudian melanjutkan analisis dengan memperhitungkan depresiasi harga mobil dalam lima tahun ke depan. Berdasarkan harga Agya rakitan 2017 saat ini, depresiasi mobil itu mencapai 20%. Jika menggunakan asumsi itu, memang total biaya kepemilikan Wuling masih 3% lebih hemat.

Akan tetapi, Trimegah ragu depresiasi Air EV akan mencapai level itu. Sebab, kualitas baterai EV terus menurun, seiring bertambahnya usia pakai. Ini bisa membuat harga jual sekennya turun.

“Itu artinya, jika kita mengasumsikan depresiasi 30%, total biaya kepemilikan Air EV masih 37% lebih mahal dari Agya,” tulis broker itu. (gbr)

Tags: HeadlineKomparasi Toyota AgyaLCGCTotal Biaya KepemilikanWuling Air EV
Previous Post

Barang Lagi Susah, JBA Merana, Pendapatan Ambruk 31%

Next Post

Indomobil Untung Gede dari Dagang Jaguar Land Rover

Related Posts

Lama-lama Enakan Lihat Xenia ketimbang Avanza, Ini Daftar Kelebihannya

Cuan Pabrikan Jepang Cuma 4%, yang Bikin Mobil Mahal Pajak!!!!!  

August 16, 2025

Jakarta, Motoris – Hampir setiap hari akun Tiktok Motoris dibanjiri komentar yang menyebut cuan pabrikan mobil Jepang ketinggian, sehingga harga...

MPV Listrik Rp 950 Juta, Dapat Apa Aja Nih?

Tanpa Subsidi, Harga Denza Lebih Mahal dari Alphard Bensin  

August 15, 2025

Jakarta, Motoris – Harga Denza D9 sejatinya lebih mahal dari Toyota Alphard bensin, jika subsidi pajak masif pemerintah dicabut. Namun,...

Turki Ikutan Hajar Mobil Cina, Uni Eropa Kemungkinan Nyusul

Impor Otomotif Melejit 31%, Efek Serbuan Mobil Subsidi Cina

August 7, 2025

Jakarta, Motoris – Impor otomotif makin tak terkendali, yang dipicu banjir mobil listrik baterai (BEV) asal Cina, seiring adanya subsidi...

Tanpa Subsidi, Harga BYD Atto 1 Rp 300 Juta Lebih, Murahan LCGC

Tanpa Subsidi, Harga BYD Atto 1 Rp 300 Juta Lebih, Murahan LCGC

August 6, 2025

Jakarta, Motoris – Harga BYD Atto 1 tanpa subsidi sebenarnya nggak murah, bisa Rp 300 juta lebih, setara hatchback Jepang...

Discussion about this post

Terpopuler

  • Sssttttttt, IBC Disebut Mau Akuisisi Motor Listrik Gesits

    Lima Motor Listrik Bisa Saling Tukar Baterai, Ini Daftarnya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Penjualan Motor Listrik Polytron Turun 50%, Nasib Mobil Bagaimana?????

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kondisi Keuangan BYD Disebut Berantakan, Utang Tembus Rp 1.300 Triliun

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tanpa Subsidi, Harga Denza Lebih Mahal dari Alphard Bensin  

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pabrik Ban IRC Ditutup, Alasannya Belum Jelas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Terkini

Indomobil Untung Gede dari Dagang Jaguar Land Rover

Dagang Mercy, Indomobil Boncos Gede

August 20, 2025
Prabowo Dukung Ketum Forwot Baru Cang Arie

Prabowo Dukung Ketum Forwot Baru Cang Arie

August 18, 2025
Lama-lama Enakan Lihat Xenia ketimbang Avanza, Ini Daftar Kelebihannya

Cuan Pabrikan Jepang Cuma 4%, yang Bikin Mobil Mahal Pajak!!!!!  

August 16, 2025
MPV Listrik Rp 950 Juta, Dapat Apa Aja Nih?

Tanpa Subsidi, Harga Denza Lebih Mahal dari Alphard Bensin  

August 15, 2025
Tanpa Subsidi, Harga BYD Atto 1 Rp 300 Juta Lebih, Murahan LCGC

Waspada Jepang, Cina Bakal Ngamuk di Agustus

August 12, 2025
Motoris.id

Catatan Digital Otomotif

Office: Jalan Pulosirih Timur 6, Blok CD 89, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan

Email : motorisdev@gmail.com

Kategori

  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

ERA Network

  • Beritaapm.com
  • Makansedap.id
  • Landbank.co.id
  • IndoDigital.co.id
  • Fundflow.id
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK

No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK