Jakarta, Motoris – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso, mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar di segmen kendaraan niaga sepanjang tahun 2024. Tahun ini, Fuso menargetkan pangsa pasar mencapai 40%.
Terlepas dari kondisi pasar yang mengalami penurunan pada 2024, Fuso mampu menjaga stabilitas pangsa pasar, yakni 38,1% di segmen kendaraan niaga atau setara dengan volume 27.683 unit. Penyumbang terbesar penjualan tersebut berasal dari varian Canter di kelas light duty truck (LDT) meraih pangsa pasar sebesar 53,1% atau setara dengan 25.219 unit.
Sementara itu, di kategori medium duty truck (MDT), Fighter X mencatatkan perolehan pangsa pasar sebesar 13,3% atau sebanyak 2.436 unit.
Tidak hanya dari segi penjualan, beragam aktivitas layanan purnajual telah dilakukan oleh Fuso seperti perluasan layanan after sales service, di antaranya menambah jaringan dealer yang saat ini berjumlah 223 untuk menjangkau konsumen. Fuso juga menambah lokasi bengkel siaga 24 jam menjadi 19 lokasi, lima service point, 21 parts depo, 135 armada mobile workshop service dan 7.000 lebih outlet spare parts.
Tidak hanya itu, inovasi digital pun terus diperkenalkan dengan meluncurkan Fuso Spare Parts Official di sejumlah platform marketplace dan mengembangkan aplikasi MyFUSO dan Runner Telematics guna memudahkan konsumen mengatur operasional bisnisnya dengan efektif.
“Perjalanan Mitsubishi Fuso 55 tahun di Indonesia menjadi sebuah milestone bersejarah bagi kami dan kami sangat bangga bisa tetap mempertahankan Fuso sebagai market leader di 2024 dalam kondisi pasar yang cukup menantang,” ujar Aji Jaya, sales & marketing director KTB, dalam acara buka puasa bersama media di Jakarta, Jumat (21/3/2025).
Dia menegaskan, hal itu memotivasi KTP untuk siap melaju lebih jauh di tahun 2025, dengan berbagai strategi agresif serta line up terbaru untuk penetrasi pasar kendaraan niaga.
Selain tetap mempertahankan posisi sebagai market leader, dia menegaska, Fuso juga meraih berbagai penghargaan bergengsi, yang salah satunya adalah Top Brand 100 Award 2025 dan Wow Brand 2025 sebagai Gold Champion. Ini makin mempertegas posisi Fuso sebagai merek kendaraan niaga terpercaya dan terkemuka di Indonesia.
Tahun 2025, dia menyatakan, Fuso menargetkan pangsa pasar sebesar 40% atau naik 1,9% di segmen kendaraan niaga. Fuso optimistis bisa meningkatkan penjualan kendaraan niaga dengan lebih fokus memberikan pelayanan yang berkualitas, sesuai slogan Andalan Bisnis Sejati.
Dalam sambutannya, Daisuke Okamoto, presiden direktur KTB mengatakan, Andalan Bisnis Sejati akan menjadi kunci bagi Mitsubishi Fuso menuju 55 tahun dengan sukses dan memberikan nilai tambah untuk konsumen. Perusahaan akan fokus memperkuat zero down time dengan mengoptimalkan fungsi seluruh fasilitas after sales service.
“Layanan purnajual adalah senjata utama kami untuk memenangi persaingan. Kami telah menyiapkan beberapa program untuk mewujudkan pelayanan terbaik untuk konsumen di mana pun dan kapan pun,” kta dia.
Kedua, dia menyatakan, Fuso akan memberikan pelayanan penuh layaknya seorang konsultan bisnis konsumen dan memberikan pengalaman berbisnis dengan nilai masa guna terbaik. (gbr)