Jakarta, Motoris – Ada empat merek mobil terboncos sepanjang 2023, yakni Nissan, Wuling, Mitsubishi, dan Suzuki. Nasib penjualan empat merek ini bertolak belakang dengan kinerja pasar mobil yang masih berkibar.
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diolah Mandiri Sekuritas (Mansek), per Mei 2023, penjualan Nissan secara wholesales ambruk 35% menjadi tinggal 800 unit, sedangkan Wuling terpangkas 19,3% menjadi 8,100 unit, dan Mitsubishi 17,6% menjadi 48.800 unit. Suzuki juga boncos, tetapi penurunan penjualannya hanya 2,1% menjadi 33.500 unit.
Sementara itu, Mei 2023, penjualan ritel mobil naik 34% menjadi 82.600 unit, sedangkan wholesales tumbuh 39% menjadi 82.100 unit. Per Mei 2023, wholesales mobil naik 6,8% menjadi 423 ribu unit.
“Jumlah itu setara 40% dari target penjualan mobil 2023 terbaru Gaikindo sebanyak 1,05 juta unit,” tulis broker itu, belum lama ini.
Astra masih mendominasi pasar mobil melalui dua merek andalan, Toyota dan Daihatsu. Per Mei 2023, pangsa pasar Astra mencapai 54,7%, naik dari tahun lalu 53,4%.
Kompetisi dari pendatang baru masih bisa dikendalikan Astra. Sejauh ini, Hyundai baru bisa mengantongi pangsa pasar 3,7%.
“Chery selaku pendatang baru juga cukup lumayan, dengan torehan penjualan 1.500 unit per Mei lalu,” tulis broker itu. (gbr)
Discussion about this post