Saturday, August 23, 2025
Motoris.id
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
Motoris.id
No Result
View All Result

Penonton Kecewa, Biaya Kepemilikan Mobil Listrik Lebih Mahal dari Bensin

by admin
May 26, 2023
in Mobil
Hyundai Ioniq 5 (Carmudi)

Hyundai Ioniq 5 (Carmudi)

Share on Facebook

Jakarta, Motoris – Total biaya kepemilikan (total cost ownership/TCO) mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) nyatanya lebih mahal bila dilakukan komparasi dengan mobil bermesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) peminum bensin. Ini menepis anggapan TCO BEV lebih murah dari bensin.

Hal itu tertuang dalam laporan riset Trimegah Sekuritas tentang PT Astra International Tbk (ASII), kelompok usaha otomotif terbesar di Indonesia. Trimegah dengan jelas membuat matriks komparasi total biaya kepemilikan mobil bensin, hybrid, dan BEV.

Baca Juga:

Cuan Pabrikan Jepang Cuma 4%, yang Bikin Mobil Mahal Pajak!!!!!  

Tanpa Subsidi, Harga Denza Lebih Mahal dari Alphard Bensin  

Impor Otomotif Melejit 31%, Efek Serbuan Mobil Subsidi Cina

Tahap awal, Trimegah membandingkan TCO Toyota Innova Zenix bensin, Zenix Hybrid, dan BEV Hyundai Ioniq 5 Signature Long. Asumsinya, mobil dipakai setiap hari dengan jarak tempuh 30 kilometer (km).

Konsumsi bahan bakar Zenix bensin mencapai 13,1 kilometer per liter (kpl), Zenix Hybrid 19,2 kpl, sedangkan Ioniq 5 mencapai 8,7 km per kWh untuk pemakaian di jalan nontol dengan kecepatan rata-rata 22 km per jam. Sementara itu, dengan menggunakan jalan tol, konsumsi bensin Zenix bensin mencapai 16,1 kpl, Zenix Hybrid 18,8 kpl, sedangkan Ioniq 5 6,2 km per kWh.

Jika dirata-rata, konsumsi bahan bakar Zenix bensin mencapai 13,7 kpl, Zenix Hybrid 19,12 kpl, sedangkan Ioniq 5 8,2 km per kWh.

Dari sini, ketemulah angka biaya bahan bakar Zenix bensin mencapai Rp 971 per satu km, Zenix Hybrid Rp 696, sedangkan Ioniq 5 Rp 305 juta. Dari sini Ioniq 5 jelas lebih unggul.

Trimegah memprediksi biaya bahan bakar Zenix bensin selama delapan tahun mencapai Rp 85 juta, Zenix Hybrid Rp 60 juta, sedangkan Ioniq5 hanya Rp 26,7 juta. Namun, keunggulan BEV hilang begitu biaya baterai dimasukkan.

Total biaya operasional Zenix bensin yang sudah memasukkan biaya servis 100 ribu km, pajak tahunan selama delapan tahun hanya Rp 159 juta, sedangkan Zenix Hybrid lebih mahal, yakni Rp 194 juta, sedangkan Ioniq 5 lebih gila lagi, Rp 299 juta.

Ini terjadi lantaran konsumen Zenix Hybrid dan Ioniq 5 harus mengeluarkan dana besar untuk mengganti baterai, masing-masing Rp 60 juta dan Rp 260 juta. Biaya ini dengan sekejap menghapus keunggulan mobil hybrid dan BEV atas mobil bensin dari sisi biaya energi.

Selanjutnya, Trimegah mencoba menghitung penyusutan harga ketiga mobil itu, dengan asumsi besarannya mencapai 30%. Hasilnya, Zenix V bensin dalam delapan tahun pemakaian mencapai Rp 329 juta, Zenix G Hybrid Rp 335 juta, sedangkan Ioniq 5 Rp 541 juta.

Dengan demikian TCO plus depresiasi Zenix V bensin mencapai Rp 300 juta, Zenix V Hybrid Rp 333 juta, sedangkan Ioniq 5 Siganture Long Rp 531 juta. (gbr)

Tags: Biaya Kepemilikan Mobil ListrikHeadlineKomparasiMobil BensinMobil HybridTCOTrimegah Sekuritas
Previous Post

Mesin Bengis Bikin Orang Keranjingan Pakai Pajero Sport

Next Post

Hyundai Bangun Senjata Pemusnah Mobil Hybrid

Related Posts

Lama-lama Enakan Lihat Xenia ketimbang Avanza, Ini Daftar Kelebihannya

Cuan Pabrikan Jepang Cuma 4%, yang Bikin Mobil Mahal Pajak!!!!!  

August 16, 2025

Jakarta, Motoris – Hampir setiap hari akun Tiktok Motoris dibanjiri komentar yang menyebut cuan pabrikan mobil Jepang ketinggian, sehingga harga...

MPV Listrik Rp 950 Juta, Dapat Apa Aja Nih?

Tanpa Subsidi, Harga Denza Lebih Mahal dari Alphard Bensin  

August 15, 2025

Jakarta, Motoris – Harga Denza D9 sejatinya lebih mahal dari Toyota Alphard bensin, jika subsidi pajak masif pemerintah dicabut. Namun,...

Turki Ikutan Hajar Mobil Cina, Uni Eropa Kemungkinan Nyusul

Impor Otomotif Melejit 31%, Efek Serbuan Mobil Subsidi Cina

August 7, 2025

Jakarta, Motoris – Impor otomotif makin tak terkendali, yang dipicu banjir mobil listrik baterai (BEV) asal Cina, seiring adanya subsidi...

Tanpa Subsidi, Harga BYD Atto 1 Rp 300 Juta Lebih, Murahan LCGC

Tanpa Subsidi, Harga BYD Atto 1 Rp 300 Juta Lebih, Murahan LCGC

August 6, 2025

Jakarta, Motoris – Harga BYD Atto 1 tanpa subsidi sebenarnya nggak murah, bisa Rp 300 juta lebih, setara hatchback Jepang...

Discussion about this post

Terpopuler

  • Penjualan Motor Listrik Polytron Turun 50%, Nasib Mobil Bagaimana?????

    Penjualan Motor Listrik Polytron Turun 50%, Nasib Mobil Bagaimana?????

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tanpa Subsidi, Harga Denza Lebih Mahal dari Alphard Bensin  

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Lima Motor Listrik Bisa Saling Tukar Baterai, Ini Daftarnya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jangan Bandingin Alphard dan Denza D9, Satu Bayar Pajak Normal, Satu Subsidi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kondisi Keuangan BYD Disebut Berantakan, Utang Tembus Rp 1.300 Triliun

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Terkini

Indomobil Untung Gede dari Dagang Jaguar Land Rover

Dagang Mercy, Indomobil Boncos Gede

August 20, 2025
Prabowo Dukung Ketum Forwot Baru Cang Arie

Prabowo Dukung Ketum Forwot Baru Cang Arie

August 18, 2025
Lama-lama Enakan Lihat Xenia ketimbang Avanza, Ini Daftar Kelebihannya

Cuan Pabrikan Jepang Cuma 4%, yang Bikin Mobil Mahal Pajak!!!!!  

August 16, 2025
MPV Listrik Rp 950 Juta, Dapat Apa Aja Nih?

Tanpa Subsidi, Harga Denza Lebih Mahal dari Alphard Bensin  

August 15, 2025
Tanpa Subsidi, Harga BYD Atto 1 Rp 300 Juta Lebih, Murahan LCGC

Waspada Jepang, Cina Bakal Ngamuk di Agustus

August 12, 2025
Motoris.id

Catatan Digital Otomotif

Office: Jalan Pulosirih Timur 6, Blok CD 89, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan

Email : motorisdev@gmail.com

Kategori

  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

ERA Network

  • Beritaapm.com
  • Makansedap.id
  • Landbank.co.id
  • IndoDigital.co.id
  • Fundflow.id
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK

No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK