Jakarta, Motoris – Mantan bos Astra TP Rachmat kian mendalami bisnis mobil bekas (mobkas) melalui unit bisnisnya PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC). Perseroan memasang target penjualan mobkas melalui Caroline berkisar 3.000-4.000 tahun 2023, naik dari realisasi 2022 sebanyak 2.507 unit.
Autopedia adalah anak usaha PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA), perusahaan milik Triputra Group, yang dikendalikan TP Rachmat. Triputra merangsek ke berbagai bisnis, seperti perkebunan sawit, pertambangan batu bara, komponen otomotif melalui PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA), dealer motor Honda melalui Daya Group, serta dana pensiun.
Target penjualan Caroline tahun 2023 tak lepas dari kinerja mengesankan tahun 2022. Berdasarkan laporan riset Trimegah Sekuritas, Jumat (25/2/2023), penjualan mobkas Caroline kuartal IV-2022 mencapai 1.133 unit, naik 43% secara kuartalan. Namun, harga jual rata-rata (ASP) mobkas Caroline pada periode itu turun 14,6% menjadi Rp 120 juta. Untungnya, ASP bisa naik menjadi Rp 136 juta Desember tahun lalu.
Caroline kini memiliki 22 dealer di Indonesia dan berencana terus berekspansi. Pada 17 Maret 2023, Caroline akan membuka dealer andalan di Serpong, Tangerang, Banten. Ini merupakan strategi utama Caroline, ketimbang menghabiskan uang untuk beriklan. Di sisi lain, pengunjung laman marketplace Caroline, caroline.id, juga cukup tinggi, mencapai 150 ribu Januari 2023.
Trimegah menggarisbawahi, Autopedia bisa membuat Caroline dan balai lelang JBA bersinergi, karena berada dalam satu ekosistem. Ini merupakan kunci daya saing Autopedia yang tidak dimiliki competitor.
“Artinya, mobil yang dibeli Caroline bisa dijual di JBA untuk mengurangi risiko peningkatan stok,” tulis Trimegah. (gbr)
Discussion about this post