Jakarta, Motoris – Toyota All New Agya dan All New Agya GR Sport diluncurkan di Jakarta, kemarin, dan diliput ratusan media nasional, otomotif, lokal dan dunia. Hal menarik, ada perbedaan mencolok antara dua mobil itu, yang membuat Agya biasa kebanting dengan Agya GR Sport.
Kalau nggak percaya dengan perbedaaan itu, silakan lihat saja foto-foto All New Agya dan saudaranya All New Agya GR Sport sampai puas. Biar enak, Motoris pajang dua foto barang itu sekaligus di tulisan ini. Gimana?? Sudah puas liatnya??? Benar kan tongkrongan dua mobil itu sangat jomplang. Okei, biar jelas, mari kita bahas satu per satu spesifikasi dua mobil rakitan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tersebut.
Okei kita bahas perbedaan All New Agya dan All New GR Sport yang dimulai dari depan dahulu. All New Agya GR Sport lebih jos, karena spoiler di bibir bemper bawah terlihat lebih maju dan kekar. Rumah lampu kabut berkelir hitam juga bikin mobil ini enak dilihat. Ada semacam cetakan berkelir oranye yang ditempatkan di rumah lamput kabut. Intinya, fascia Agya GR Sport lebih hidup ketimbang saudaranya yang telah hidup selama 10 tahun.

Lanjut ke sampaing mobil. All New Agya GR cakep sob, dengan pelek berkelir gelap yang pas sekali dengan ban. Rumah lampu spion juga disepuh kelir hitam. Sebaliknya, All New Agya dibekali pelek biasa, berwarna abu-abu. Rumah lampu spion juga sewarna dengan bodi.
Kita bisa lihat lagi All New Agya GR berkelir dua warna. Di foto ini, yang muncul adalah oranye metalik dan hitam di pilar A. Ya, jadinya mobil ini nyentrik dan bolehlah memakai nama besar GR Sport. Kalau saudarnya cukup sewarna.

Bagaimana dengan spesifikasinya? Yuk kita baca aja keterangan langsung dari Toyota tanpa edit-edit.
Detail Spesifikasi
Kita mulai dari sang pionir mobil murah All New Agya standar alias biasa. All-New Agya mendapatkan improvement menyeluruh untuk meningkatkan efisiensi mesin dan menghemat bensin dan juga menawarkan dan performa yang lebih baik. Agya dilengkapi dengan mesin baru berkode WA-VE dengan kubikasi 1.200 cc, tiga silinder, dual VVT-I, yang menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11,52 Kgm pada 4.500 rpm. Penerus tenaga mesin ke roda depan adalah transmisi CVT yang lebih ringkas, kompak, dan efisien.
Mesin tiga silinder memiliki keunggulan dan kelebihan, yakni efisien dalam mengolah bahan bakar sehingga konsumsi bensin lebih hemat dan memproduksi torsi lebih tinggi dibandingkan mesin 4-silinder dengan volume sama. Karakter torsi kuat yang didapatkan sejak putaran mesin rendah tersebut memberikan akselerasi lebih cepat dan sigap dari model sebelumnya tanpa mengorbankan konsumsi bahan bakar. Transmisi CVT baru turut menyumbang efisiensi mesin saat berkendara.
Mempertegas konsep exciting city car, platform monocoque dikembangkan bersama suspension system yang sanggup meredam guncangan dengan lebih baik dan fleksibel terhadap kondisi jalan Indonesia yang dinamis. Handling Agya juga jadi lebih lincah, stabil, dan peluang body roll yang lebih kecil, sehingga meningkatkan driving quality. Improvement pada platform sanggup meningkatkan kekakuan lateral sehingga bodi belakang lebih stabil, sementara ubahan pada torsion beam yang lebih kaku membuat mobil lebih mudah dikendalikan. Electronic Power Steering (EPS) turut ditingkatkan kinerjanya sehingga lebih responsive dengan radius putar lebih kecil sebagai salah satu syarat utama city car modern.
Untuk meningkatkan hubungan emosional dengan pengemudi, All-New Agya menawarkan styling eksterior yang powerful and aggressive serta memperkuat sporty image. Toyota juga menampilkan desain styling yang unik, dengan perubahan pada tampak depan, yang membuatnya terlihat lebih sporty. Di saat yang sama, siluet bodi dari samping menunjukkan postur tubuh yang gagah dan tampak lebih besar. Kesan agresif juga ditampilkan oleh garis desain yang tampak tajam dan berkarakter.
Masuk ke dalam mobil, konsep horizontal design memperlihatkan kesan lebih canggih dan driver-oriented untuk menunjukkan interior yang sporty dan berkualitas tinggi. Panel instrumen dan door trim mengadopsi tekstur tiga dimensi untuk memberikan nuansa canggih. Konsol tengah dan tuas transmisi dipindahkan lebih tinggi untuk menjaga ergonomi pengemudi yang sudah lebih baik berkat pengaturan desain dan posisi jok yang sanggup menopang tubuh secara optimal, termasuk rombakan pada desain dan layout pedal-pedal supaya pengemudi mendapatkan posisi duduk yang natural dan rileks.

Penggunaan advanced all-new platform memberikan ruang untuk memperbesar dimensi kabin dengan menjaga bodi tetap kompak sebagai ciri khas sebuah city car yang andal untuk mobilitas perkotaan. Dimensi baru Agya memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm dan wheelbase 2.525 mm. Daya angkut ditingkatkan dengan menambah panjang bagasi menjadi 610 mm.
Generasi terbaru Agya tidak hanya meningkatkan kestabilan berkendara, namun juga memberikan kenyamanan lebih kepada penumpang. Seperti kabinyang lebih lega, pengoptimalan posisi duduk pengemudi berdasarkan human-centered design, posisi duduk penumpang yang pas, kemudahan masuk dan keluar orang, kenyamanan kabin, dan penambahan daya angkut bagasi.
Barang Istimewa
Sementara itu, sejalan dengan kebutuhan dan trend di hatchback dan city car dewasa ini, konsumen membutuhkan sebuah kendaraan yang lebih dari sekedar kendaraan yang reliable dan durable. Agya GR Sport yang sebelumnya dikenal dengan harga terjangkau dan tampilan sporty pada line-up Gazoo Racing di Indonesia, telah ditingkatkan perannya untuk tidak hanya mempertahankan gaya sporty-nya, namun juga menguatkan feeling sport-nya. Penyetelan khusus telah diterapkan untuk meningkatkan performa dan handling, membuat pengalaman berkendara semakin menyenangkan.
Untuk memberikan tampilan yang lebih sporty, model ini dibekali dengan aero kit dipasang pada eksterior dengan tujuan bahkan membantu meningkatkan aerodinamika sporty hatchback yang sudah lebih baik dari generasi sebelumnya. Penambahan downforce kendaraan membuatnya dapat bermanuver dengan stabil dan lincah tanpa khawatir kehilangan kendali. Grip ban semakin baik berkat aliran udara yang dialihkan sehingga tidak menekan ban belakang.
Mewarisi DNA motorsports Toyota Gazoo Racing (TGR), perubahan lanjutan dilakukan pada sistem suspensi dan EPS. Exclusive shock absorber dan coil spring diracik supaya sanggup memberikan daya redam lebih maksimal ketimbang model standar. EPS juga mendapatkan rasio roda gigi lebih rapat untuk membuatnya lebih lincah saat bermanuver. Sementara itu, sport tires yang dipilih secara khusus mampu menambah traksi ban di jalan lurus dan menjaga grip-nya di jalan berliku.
“All New Agya merupakan manifestasi komitmen Toyota dalam menjalankan visi continuous improvement terhadap produk yang dipasarkan di Indonesia,” kata President Director TAM Hiroyuki Ueda dalam keterangan resmi.
Berdasarkan narasi yang dibangun TAM, kebutuhan pelanggan terhadap sebuah hatchback telah berkembang secara eksponensial. Melampaui fungsi dasar sebuah mobil, hatchback harus memiliki biaya operasional yang bagus, value for money yang tinggi dan memiliki hubungan emosional yang kuat dengan pemiliknya. Selain itu, hatchback harus dapat menarik perhatian, menawarkan kenyamanan yang baik, dan dilengkapi fitur untuk memenuhi kebutuhan mobilitas harian.
Berdasarkan pendekatan tersebut, Toyota mengembangkan mobil dengan kualitas dasar dan untuk itu, kami meningkatkan quality, durability dan reliability pada Agya. Lebih lanjut, Toyota juga menghadirkan styling eksterior yang agresif, high performance, dan peningkatan driving quality untuk membuat Agya menarik secara emosional. Dengan begitu, generasi terbaru Agya dapat menetapkan standar baru sebagai mobil pertama pilihan pelanggan dan menjadi sebuah exciting city car.
Untuk meningkatkan essensial quality, desainer dan engineer Toyota berkolaborasi untuk mengujinya di kondisi tertentu, di mana jalanannya tidak rata dan harus dapat diandalkan ketika menghadapi banjir. Tujuannya untuk memperoleh peningkatan pada beberapa aspek fundamental, sehingga dapat menghadirkan kendaraan yang tangguh dan andal, sekaligus menjanjikan rasa percaya diri tinggi. (gbr)
Discussion about this post