Wednesday, July 23, 2025
Motoris.id
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
Motoris.id
No Result
View All Result

Ganas, Ford Makan 70% Nikel Baterai EV Vale Indonesia

by admin
February 1, 2023
in Mobil
0
Vale Indonesia. (Asia Today)

Vale Indonesia. (Asia Today)

Share on Facebook

Jakarta, Motoris – Ford bakal mengambil 70% nikel baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV) milik PT Vale Indonesia Tbk (INCO), begitu dua smelter Vale hasil kerja sama dengan Huayou beroperasi komersia. Smelter itu menggunakan teknologi HPAL Huayou untuk mengolah bijih nikel limonit menjadi nikel setengah jadi dalam bentuk mixed hydroxide precipitate (MHP).

Ford membutuhkan nikel baterai EV Vale Indonesia untuk memuluskan target produksi dua juta unit mobil listrik baterai (BEV) per tahun mulai 2026.

Baca Juga:

Sambut Sang Pembunuh BYD Seagull, Pakai Baterai Solid State

Neta dan Zeekr Disebut Mengakali Penjualan biar Capai Target

Induk Bangkrut, Neta Indonesia Masih Beroperasi

Vale, merujuk laporan riset Mandiri Sekuritas, dikutip Rabu (1/2/2023), Vale melalui perusahaan patungan dengan Huayou memiliki dua proyek HPAL, yakni satu di Pomalaa berkapasitas 120 ribu ton MHP per tahun dan satu di Sorowako berkapasitas 60 ribu ton MHP per tahun. Total investasi proyek ini sekitar US$ 6,5 miliar.

Groundbreaking smelter HPAL Vale di Pomalaa sudah dilakukan tahun lalu, sedangkan yang di Sorowako diharapkan tahun ini. Begitu dua proyek itu rampung, Vale dan mitranya memiliki total kapasitas produksi MHP 180 ribu ton per tahun. “Harga jual MHP setara 70-86% harga nikel di London Metal Exchange,” tulis Mansek.

Vale SA, induk Vale Indonesia akan mendapatkan jatah 30% MHP dengan harga pasar, sedangkan mayoritas diambil Ford. Kemudian, Vale SA bisa menjual langsung produk itu atau mengolah lagi ke produk yang lebih hilir.

Vale, tulis Mansek, memprediksi biaya produksi MHP berkisar 11-12 ribu ton, termasuk biaya kobalt, sedangkan biaya asam berkisar 20-30% total produksi, tergantung pada harga sulfur. Sebelum kelupaan, HPAL adalah singkatan dari high pressure leach acid, sehingga membutuhkan asam.

Sementara itu, biaya kobalt diprediksi berkisar US$ 1.000-1.500 per ton. Patut diingat, fasilitas HPAL juga menghasilkan kobalt sekitar 10% dari total kapasitas.

Adapun tailing HPAL di Pomalaa akan dibawa ke area pertambagan nikel Vale. HPAL Pomalaa ditargetkan beroperasi komersial akhir 2025, sedangkan Sorowako akhir 2026.

Biar jelas, MHP adalah produk nikel antara dari bijih nikel limonit. MHP perlu diolah menjadi nikel dan kobalt sulfat, yang merupakan material atau bahasa kerennya prekursor katoda, kutub baterai mobil listrik. Prekursor katoda lainnya adalah lithium, mangan, dan aluminium. Lalu, tinggal bikin anoda berbahan grafit atau silikon, kasih elektrolit dan separator, jadilah satu sel baterai mobil listrik bernama lithium ion NCA atau NCM.

Beberapa sel baterai kemudian ditempatkan di modul. Lalu, sejumlah modul ditempatkan di battery pack yang memiliki battery system management. Di ujung, battery pack dibenamkan di mobil listrik berbasis baterai alias BEV.

 

Tags: FordHeadlineNikel Baterai EVVale Indonesia
Previous Post

New Mitsubishi Xpander Cross Pilihan Mobil Baru Menggiurkan di Awal Tahun

Next Post

Toyota Cs Merapat ke Subang demi Ekspor 120 Ribu Unit Mobil

Related Posts

Sambut Sang Pembunuh BYD Seagull, Pakai Baterai Solid State

Sambut Sang Pembunuh BYD Seagull, Pakai Baterai Solid State

July 22, 2025

Jakarta, Motoris – MG Motor merilis MG4 hatchback dengan baterai solid state dan dibanderol murah, US$ 11.000-16.500 alias Rp 170-270...

Ini Baru Mobil Listrik Murah

Neta dan Zeekr Disebut Mengakali Penjualan biar Capai Target

July 22, 2025

Jakarta, Motoris – Neta dan Zeekr disebut mengakali penjualan agar mencapai target. Kedua pabrikan ini disebut mengasuransikan mobil sebelum dijual...

Harga Neta X Masih Mahal, kendati Sudah Dilokalisasi

Induk Bangkrut, Neta Indonesia Masih Beroperasi

July 21, 2025

Jakarta, Motoris – Neta Indonesia masih beroperasi, kendati Hozon New Energi memasuki proses restrukturisasi pada 12 Juni 2025, berdasarkan Undang-Undang...

Geely Tumpas Semua Barang BYD

Geely Tumpas Semua Barang BYD

July 15, 2025

Jakarta, Motoris - Geely Auto menjual 200 ribu unit lebih Xingyuan selama semester I tahun 2025, sehingga menjadi mobil terlaris...

Discussion about this post

Terpopuler

  • Ini Baru Mobil Listrik Murah

    Neta dan Zeekr Disebut Mengakali Penjualan biar Capai Target

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Harga Nmax Old Dikerek Lagi, Laku Nggak Nih?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ssstttttt, Hyundai Diam-diam Recall Stargazer

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sambut Sang Pembunuh BYD Seagull, Pakai Baterai Solid State

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Toyota Starlet Bakal Bangkit dari Kubur, Ini Prediksi Tampangnya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Terkini

Sambut Sang Pembunuh BYD Seagull, Pakai Baterai Solid State

Sambut Sang Pembunuh BYD Seagull, Pakai Baterai Solid State

July 22, 2025
Ini Baru Mobil Listrik Murah

Neta dan Zeekr Disebut Mengakali Penjualan biar Capai Target

July 22, 2025
Harga Neta X Masih Mahal, kendati Sudah Dilokalisasi

Induk Bangkrut, Neta Indonesia Masih Beroperasi

July 21, 2025
Siapin Rp 94 Juta Buat Beli Honda Forza Facelift

Siapin Rp 94 Juta Buat Beli Honda Forza Facelift

July 16, 2025
Geely Tumpas Semua Barang BYD

Geely Tumpas Semua Barang BYD

July 15, 2025
Motoris.id

Catatan Digital Otomotif

Office: Jalan Pulosirih Timur 6, Blok CD 89, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan

Email : motorisdev@gmail.com

Kategori

  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

ERA Network

  • Beritaapm.com
  • Makansedap.id
  • Landbank.co.id
  • IndoDigital.co.id
  • Fundflow.id
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK

No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK