Sunday, August 24, 2025
Motoris.id
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
Motoris.id
No Result
View All Result

Bakrie Main Battery Pack dan Bikin Motor Listrik

by admin
December 24, 2022
in Trending
VKTR, anak usaha Bakrie, meneken MoU dengan Gotion untuk membuat battery pack kendaraan listrik. (ist)

VKTR, anak usaha Bakrie, meneken MoU dengan Gotion untuk membuat battery pack kendaraan listrik. (ist)

Share on Facebook

Jakarta, Motoris – PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR), anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), merambah bisnis baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV), dengan menggandeng Gotion High-Tech Co Ltd. Kedua perusahaan akan membuat baterai pak (battery pack), komponen penting sebagai penampung sel baterai yang akan ditempatkan di kendaraan listrik.

Selain itu, VKTR menjalin kerja sama dengan PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS) untuk membuat sepeda motor listrik. Ini menandakan keseriusan Grup Bakrie dalam terjun ke bisnis kendaraan listrik.

Baca Juga:

Prabowo Dukung Ketum Forwot Baru Cang Arie

Karawang Digoyang CATL, Pabrik Baterai US$ 1,2 Miliar Dibangun

Nissan Rugi Rp 84 Triliun, Mau Pecat 20 Ribu Pegawai

“Kerja sama ini nantinya akan berfokus pada pengembangan pak baterai, yang merupakan salah satu komponen penting dalam anatomi baterai kendaraan listrik,” terang Direktur Utama VKTR Gilarsi W. Setijono usai penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU), di Jakarta, Jumat (23/12/2022).

Penandatanganan MoU itu dilakukan oleh Gilarsi W. Setijono dan Direktur Eksekutif PT Gotion Indonesia Materials, anak usaha Gotion, Shen Wenbo.

Gilarsi menambahkan, VKTR berencana memproduksi kendaraan listrik berbasis baterai (KBLBB) dengan kebutuhan baterai yang sudah diproyeksikan hingga tahun 2027. Harapannya, Gotion akan membantu menyediakan pak baterai lithium untuk keperluan kendaraan listrik baru maupun kendaraan listrik hasil retrofit yang akan diproduksi oleh VKTR.

Menurut Gilarsi, merancang pak baterai yang tepat sangat penting untuk memenuhi harapan VKTR sebagai pelanggan terutama dalam hal jangkauan, biaya, keamanan, daya tahan, dan pengalaman berkendara. Namun, mengintegrasikan teknologi ini dalam kendaraan merupakan tantangan, karena biaya dan kinerja harus dipertaruhkan.

“Baik pendatang baru maupun pemain lama dalam bidang otomotif akan menghadapi tantangan untuk menyeimbangkan faktor-faktor ini, terutama karena belum ada pemain komponen OEM yang memiliki pengalaman memproduksi paket baterai untuk memandu pengambilan keputusan mereka,” jelas Gilarsi.

Dia menambahkan, untuk mengoperasikan kendaraan listrik, diperlukan daya yang sangat besar ribuan kali lebih kuat daripada ponsel pintar. Itulah sebabnya mobil listrik membutuhkan puluhan sel baterai hingga ribuan.

“Komposisi baterai EV mungkin sedikit berbeda, tergantung pada jenis kendaraan listriknya, Tetapi, umumnya baterai EV terdiri atas sel, modul, dan pak,” kata dia.

Gilarsi menjelaskan, untuk mengelola sel baterai yang tak terhitung jumlahnya di EV dengan aman dan efisien, sel tersebut dipasang dalam bentuk modul dan pak. Sederhananya, sel, modul, dan pak adalah unit baterai yang dikumpulkan. “Sekelompok sel membentuk modul dan sekelompok modul membentuk pak. Pada akhirnya, dalam kendaraan listrik, satu bentuk baterai dipasang: satu pak,” urai dia.

Direktur Eksekutif Gotion Shen Wenbo optimistis kerja sama strategis ini ke depan dapat berjalan lancar dan mampu memajukan industri baterai kendaraan listrik di Indonesia. Sebagai salah satu pemain perusahaan baterai terbesar nomor tiga di Tiongkok dan nomor satu di India, Gotion yakin mampu menghasilkan modul dan pak baterai yang andal, sesuai spesifikasi dan harapan.

“Kami berharap bisa mengambil peran dalam upaya percepatan industri kendaraan listrik di Indonesia,” kata dia.

Tags: BakrieBattery PackGotionHeadlineMotor ListrikSLISVKTR
Previous Post

Telkom Apes Investasi di Goto, Rugi Rp 6-7 Triliun

Next Post

Mobil Listrik Meledak, yang Untung Gede Ya Cina

Related Posts

Prabowo Dukung Ketum Forwot Baru Cang Arie

Prabowo Dukung Ketum Forwot Baru Cang Arie

August 18, 2025

Jakarta, Motoris – Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) melantik Krisna Arie Prasetya sebagai ketua umum (ketum) periode 2025–2029. Cang Arie,...

Karawang Digoyang CATL, Pabrik Baterai US$ 1,2 Miliar Dibangun

Karawang Digoyang CATL, Pabrik Baterai US$ 1,2 Miliar Dibangun

June 29, 2025

Jakarta, Motoris – Setelah LG, giliran pemain baterai EV terbesar dunia, CATL, membangun pabrik sel baterai di Karawang, Jawa Barat,...

Virus Boncos Nissan Menjalar ke Amerika, Dealer Banyak Tutup

Nissan Rugi Rp 84 Triliun, Mau Pecat 20 Ribu Pegawai

May 13, 2025

Jakarta, Motoris – Nissan memprediksi rugi bersih tahun fiskal 2024 mencapai 750 miliar yen alias Rp 84 triliun. Sejalan dengan...

Anak Buah Luhut: Baterai Mobil Listrik Buatan RI Termurah di Dunia

Cina Ngebon Rp 16 Triliun buat Bikin Pabrik Baterai di Karawang

May 8, 2025

Jakarta, Motoris – Contemporary Amperex Technology Co Ltd (CATL), perusahaan baterai mobil listrik terbesar dunia asal Cina, dikabarkan mencari pinjaman...

Discussion about this post

Terpopuler

  • Mobil Hybrid Chery Cuma Rp 300 Jutaan, Jauh di Bawah Jepun

    Mobil Hybrid Chery Cuma Rp 300 Jutaan, Jauh di Bawah Jepun

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tanpa Subsidi, Harga Denza Lebih Mahal dari Alphard Bensin  

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Harga Chery Omoda EV Rp 600 Jutaan, di Bawah Ioniq 5

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Harga Nova Sonic 125 Bekas Masih Tinggi, Rp 10-15 Juta

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Update Harga Vario 160 Bekas Semua Tahun, Ambruk Brooo

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Terkini

Indomobil Untung Gede dari Dagang Jaguar Land Rover

Dagang Mercy, Indomobil Boncos Gede

August 20, 2025
Prabowo Dukung Ketum Forwot Baru Cang Arie

Prabowo Dukung Ketum Forwot Baru Cang Arie

August 18, 2025
Lama-lama Enakan Lihat Xenia ketimbang Avanza, Ini Daftar Kelebihannya

Cuan Pabrikan Jepang Cuma 4%, yang Bikin Mobil Mahal Pajak!!!!!  

August 16, 2025
MPV Listrik Rp 950 Juta, Dapat Apa Aja Nih?

Tanpa Subsidi, Harga Denza Lebih Mahal dari Alphard Bensin  

August 15, 2025
Tanpa Subsidi, Harga BYD Atto 1 Rp 300 Juta Lebih, Murahan LCGC

Waspada Jepang, Cina Bakal Ngamuk di Agustus

August 12, 2025
Motoris.id

Catatan Digital Otomotif

Office: Jalan Pulosirih Timur 6, Blok CD 89, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan

Email : motorisdev@gmail.com

Kategori

  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

ERA Network

  • Beritaapm.com
  • Makansedap.id
  • Landbank.co.id
  • IndoDigital.co.id
  • Fundflow.id
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK

No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK