Jakarta, Motoris – PT Mitsubishi Motors Indonesia (MMKSI) merilis New Xpander alias versi facelift yang dibekali fitur active yaw control (AYC) di varian Ultimate. Sebelumnya, teknologi ini hanya tersedia pada Xpander Cross.
AYC berfungsi untuk meningkatkan performa saat menikung, memastikan kendaraan merespons sesuai dengan keinginan pengemudi ketika bermanuver. Sistem pengereman AYC merupakan sistem keamanan yang biasanya ada di mobil dengan kelas yang lebih tinggi.
Secara berjenjang, fitur keselamatan tambahan pada pengereman biasanya dimulai dari disematkannya ABS (anti-lock brake system) pada sebuah mobil. Lalu jenjang berikutnya diimbuhi fitur active stability control (ASC) dan yang lebih advance adalah sistem AYC.
Sistem pengereman AYC bisa meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau di jalan yang licin. Bekerja sama dengan ABS dan ASC, sistem ini mendukung keselamatan, keamanan, dan kenyamanan berkendara di berbagai cuaca dan kondisi jalan.
“AYC adalah feature safety yang memang banyak dipakai di kendaraan yang punya power besar. Jadi, berkendara bersama Xpander entah itu Ultimate maupun Cross akan lebih nyaman, karena mobil ini memiliki stabilitas yang lebih dibandingkan dengan versi yang hanya miliki traction control,” ujar Rifat Sungkar, brand ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, dikutip Minggu (29/6/202%).
Di sisi lain, secara umum, penyegaran dan penyempurnaan yang dilakukan pada New Xpander sebagian besar berfokus pada desain eksterior, kenyamanan interior dan kabin, hingga performa,. Ini menegaskan, model Mitsubishi Xpander merupakan mobil yang cocok untuk konsumen keluarga modern Indonesia dengan beragam kebutuhan dan aktivitas petualangan hidup. Kendati terdapat beragam perubahan dan peningkatan fitur disematkan pada Mitsubishi New Xpander, namun dimensi yang menjadi salah satu keunggulan seri Xpander tetap dipertahankan guna memastikan fungsionalitas dan kenyamanan pengguna.
Di eksterior, perubahan antara lain di depan, samping, dan belakang. Ada new signature grille dan new aero blade skirt, serta lampu LED. New Xpander juga membawa kelebihan dan fitur unggulan secara umum yang juga ditawarkan pada model sebelumnya, seperti kenyamanan interior dan kepraktisan pengaturan kabin, dengan ruang bagasi yang luas.
Fitur-fitur lainnya antara lain cruise sontrol, keyless operating system + start stop engine button, dan new horizontal axis design dashboard. Mesinnya masih 1.5 MIVEC, DOHC, 16 valve dengan transmisi CVT.
“Peluncuran New Xpander dan New Xpander Cross merupakan bagian dari komitmen dan kehadiran Mitsubishi Motors di Indonesia yang telah menginjak usia 55 tahun. Kami ingin melanjutkan dominasi Xpander di segmen upper LMPV, serta Xpander Cross di segmen LSUV,” ujar Atsushi Kurita, president director MMKSI. (gbr)