Jakarta, Motoris – PT Toyota Astra Motor (TAM) menilai, mobil hybrid masih menjadi opsi solusi mobilitas yang sangat relevan dan cocok digunakan di seluruh wilayah Indonesia. Oleh sebab itu, mobil hybrid Toyota laku keras di GIIAS 2024.
“Dengan mobil hybrid, pelanggan bisa berperan dalam mengurangi emisi tanpa perlu repot merubah kebiasaan mobilitasnya. Berkat opsi yang semakin lengkap, kami berharap pasar kendaraan elektrifikasi Toyota termasuk hybrid akan terus tumbuh untuk menyediakan lebih banyak cara mewujudkan netralitas karbon,” jelas Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy menanggapi penjualan Toyota di GIIAS 2024, dikutip Jumat (2/8/2024).
Selama GIIAS 2024, SPK Toyota mencapai 6.202 unit, yang didominasi Kijang Innova Zenix sebanyak 1.968 unit (31%), diikuti oleh duo Avanza Veloz 1.395 unit (22%). Zenix hybrid (HEV) meraup porsi penjualan 75% dibanding versi bensin, sehingga menjadi lokomotif penjualan kendaraan elektrifikasi (xEV) dengan SPK 1.305 unit.
Kendaraan elektrifikasi termasuk Hybrid EV mencatat total SPK 1.724 unit atau 27% dari total perolehan SPK Toyota. Komposisi ini meningkat 5% dari event tahun lalu.
Sementara itu, penjualan Yaris Cross HEV mencapai 240 unit. Adapun Alphard HEV yang launching di GIIAS 2023 meraih SPK 121 unit bersama saudara kembarnya All New Vellfire HEV 25 unit, diikuti Corolla Cross HEV 23 unit. Secara total, raihan SPK mobil elektrifikasi Toyota mencapai 1.724 unit meningkat 37% dari GIIAS tahun lalu.
“Semoga catatan penjualan yang positif ini dapat memperkuat penjualan Toyota dan berkontribusi besar pada peningkatan pasar otomotif nasional Indonesia di semester II-2024,” kata Vice President Director TAM Henry Tanoto.
Sementara itu, Toyota Hilux Rangga juga ikut hadir dengan berbagai bentuk konversi seperti Camper Van, Mobile Waste Station, dan LED Box di GIIAS 2024, termasuk model flat deck seberat 1,2 ton yang menyita perhatian pengunjung GIIAS 2024. Karena itu, pre-booking Hilux Rangga mencapai 450.
Selain penjualan yang mencatat raihan positif, GIIAS 2024 kembali memberikan penghargaan kepada booth Toyota sebagai favorite booth passenger selama dua tahun berturut-turut dengan luas area lebih dari 2.500 m2.
Discussion about this post