Jakarta, Motoris – Pasar hatchback alias sedan bunting belum mati di Indonesia. Raja hatchback di negeri ini sekarang bukan Honda Jazz yang sudah almarhum, melainkan Suzuki Baleno.
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat, mayoritas pembeli Baleno adalah kalangan pekerja muda berusia produktif yang penuh perhitungan dan memilih produk dengan desain yang stylish dan memiliki value for money paling baik. Tren tersebut membuat pertumbuhan penjualan Baleno mencapai 128% Maret 2024, serta memimpin pangsa pasar kelas hatchback pada kuartal I- 2024.
Ini membuktikan mobil ini berhasil menjawab kebutuhan pasar Indonesia. Mobil ini cocok untuk penduduk usia produktif yang kini lebih banyak dibandingkan nonproduktif.
“Secara bertahap dan pasti, Baleno berhasil menumbuhkan market share sebanyak 24% pada kuartal I- 2024 sekaligus menempatkan diri sebagai hatchback terlaris dengan persentase sebesar 43% di periode yang sama. Dari hasil penjualan yang meningkat, kami yakin bahwa Baleno berhasil menjadi jawaban kebutuhan kaum muda di Indonesia,” tutur Randy R. Murdoko, dept. head of 4W sales SIS, Sabtu (11/5/2024).
Beberapa alasan kuat yang dimiliki oleh Baleno berhasil menjadi daya tarik yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di rentang usia 26-40 tahun. Kesibukan sebagai pekerja profesional menuntut keberadaan mobil dengan kemudahan dan kepraktisan yang dibalut dengan kemewahan.
Dimensi yang pas dan desain elegan mendukung mobilitas ketika melalui gedung perkantoran, tempat pertemuan maupun rute perkotaan yang modern. Konektivitas smartphone ke perangkat 9-inch touchscreen head unit membuat hiburan perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Kelengkapan fitur keselamatan berupa enam airbags menambah rasa aman saat frekuensi perjalanan semakin intensif. Kehadiran Camera 360 juga memberikan kemudahan bagi pengendara ketika melakukan manuver di jalan yang sempit ataupun saat memarkirkan di tempat tujuan.
Untuk memenuhi permintaan pelanggan yang beragam, Baleno juga menawarkan pilihan warna sesuai preferensi pasar serta dianggap dapat memancarkan profesionalitas dan jiwa muda. Warna-warna yang meraih penjualan tertinggi selama kuartal I-2024 meliputi prime celestial blue, prime opulent red, dan prime grandeur grey.
Menurut Randy, permintaan yang meningkat terhadap Baleno di kalangan pekerja muda membuat Suzuki terus berusaha memenuhi ekspektasi calon pelanggan. Sebab, konsumen muda saat ini lebih jeli dan melihat produk tidak hanya dari kelengkapan fitur dan kualitas produknya, namun juga keberadaan dan kepastian merek yang dapat menyuguhkan layanan terbaik.
Memilih Suzuki, kata dia, berarti juga memilih merek dengan reputasi terjamin dan memuaskan. Setidaknya hal-hal tersebut memperkuat keputusan akhir setelah membandingkan beberapa pilihan.
“Oleh karena itu, kami selalu semangat untuk memberikan kualitas yang konsisten dan pengalaman kepemilikan produk yang memuaskan,” tutup Randy. (gbr)
Discussion about this post