Jakarta, Motoris – Ada banyak model mobil listrik berbasis baterai (battery eelctric vehicle/BEV) bertebaran di Indonesia, mulai dari yang segmen bawah hingga atas. Namun, untuk saat ini, mobil listrik terjos alias terbaik di Indonesia bukan Hyundai Ioniq 5, apalagi Wuling Air EV, melainkan Kia EV6 GT-Line.
Bagaimana Kia EV6 GT-Line menjadi mobil listrik terbaik. Yuk, kita simak paparan lengkap RHB Sekuritas soal daftar BEV di Indonesia.
RHB Sekuritas membagi BEV dalam dua segmen, di luar Wuling Air EV, yakni menengah dan tinggi. Di segmen menengah, ada sejumlah model dengan kisaran harga Rp 600-865,5 juta, dengan kapasitas baterai 40-72,6 kWh dan jarak tempuh 311-425 km dalam kondisi baterai penuh.
RHB mencatat, di segmen menengah, ada Hyundai Ioniq 5, MG4 EV, dan Nissan Leaf single tone. Hyundai Ioniq 5 terdiri atas dua varian, yakni Short Range dan Long Range. Ioniq 5 Shirt Range memakai baterai 58 kWh dengan jarak tempuh 384 km, pengecasan lima jam, tenaga dan torsi 170 ps dan 350 Nm, dan harga jual Rp 753,5 juta.
Adapun Ioniq 5 Long Range memakai baterai 72,6 kWh, pengecasan 6 jam, tenaga dan torsi 217 PS dan 350 Nm, jarak tempuh 481 km, serta harga Rp 865,5 juta.
Lanjut ke Nissan Leaf single tone yang memiliki daya jelajah 311 km, baterai 40 kWh, pengecasan 7,5 jam, tenaga 150 ps dan torsi 320 Nm, dan harga Rp 738 juta. Sementara itu, pendatang baru MG4 EV memiliki jarak tempuh 425 km, baterai 51 kWh, pengecasan delapan jam, tenaga dan torsi 170 PS dan 250 Nm, serta harga Rp 738 juta.
Di segmen ini, RHB menilai Ioniq 5 adalah pemenang, berdasarkan harga jual, spesifikasi, dan layanan purnajual. Saat ini, inden Ioniq 5 sudah berkurang menjadi enam bulan dari sebelumnya satu tahun, seirig naiknya pasokan ke delaer.
“Akan tetapi, kami prediksi kompetisi di segmen ini akan makin keras, setelah MG4 EV masuk, lantaran harganya berkisar Rp 600-700 juta, lebih murah darii Ioniq 5,” tulis broker itu, belum lama ini.
Nissan, tulis broker itu, juga bakal lebih agresif mempromosikan Leaf. Tetapi, belum jelas, langkah konkret apa yang bakal ditempuh pabrikan itu.
Di segmen BEV atas, kita bertemu tiga model, yakni Kia EV6 GT-Line, Lexus UX 300e, dan Toyota BZ4X. Kia EV6 memiliki jarak tempuh 506 km, baterai 77,4 kWh, pengecasan delapan jam, tenaga 595 PS dan torsi 740 Nm, serta harga jual Rp 1,3 miliar.
Lalu, Toyota BZ4X memiliki jarak tempuh 500 km, baterai 71,4 kWh, pengecasan 9-10 jam, tenaga 204 PS dan torsi 266 Nm, serta harga jual Rp 1,19 miliar. Terakhir, Lexus UX 300e memiliki jarak tempuh 300 km, baterai 54,3 kWh, pengecasan 5-6 jam, tenaga 204 PS, torsi 300 Nm, dan harga Rp 1,4 miliar.
Kia EV6 jelas lebih superior di atas BZ4X dan UX 300e, karena berharga kompetitif, tenaga gila, dan jarak tempuh terjauh. Sementara itu, Lexus diuntungkan karena nama besar di segmen mobil premium. (gbr)
Discussion about this post