Thursday, June 5, 2025
Motoris.id
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
Motoris.id
No Result
View All Result

Bongkar Struktur Cost Baterai BEV, Biaya Nikel Paling Gede

by admin
January 19, 2023
in Trending
0
Ilustrasi kobalt dan nikel sulfat, komponen  prekursor katoda baterai BEV. (smallcaps.com.au)

Ilustrasi kobalt dan nikel sulfat, komponen prekursor katoda baterai BEV. (smallcaps.com.au)

Share on Facebook

Jakarta, Motoris – Hampir setiap hari kita dicekoki berita soal mobil listrik baterai (battery electric vehicle/BEV), terutama soal rencana pembangunan pabrik baterai BEV sekaligus bahan baku utamanya. Dalam kesempatan ini, izinkan kami bedah sedikit soal struktur cost alias biaya baterai BEV biar sama-sama paham.

Berdasarkan laporan riset Sucor Sekuritas, belum lama ini, struktur biaya terbesar baterai BEV ternyata berasal dari katoda alias kutub positif, yang porsinya mencapai 51%. Adapun material terbesar katoda adalah nikel untuk jenis baterai lithium-ion NMC (nickel, manganese, cobalt) tentunya. Jadi, kita bisa sebut biaya nikel lumayan gede di baterai BEV. Fungsi nikel adalah menyimpan energi listrik dari hasil pengecasan.

Baca Juga:

Nissan Rugi Rp 84 Triliun, Mau Pecat 20 Ribu Pegawai

Cina Ngebon Rp 16 Triliun buat Bikin Pabrik Baterai di Karawang

LG Batalin Proyek Kakap, Masa Depan Baterai Nikel Suram?????

Setelah katoda, biaya besar nomor dua adalah buruh, manufaktur, dan depresiasi sebesar 24%, lalu anoda 12%, elektrolit, separator, dan biaya lain.

Di baterai NMC 111, kandungan nikel mencapai 30%, lithium 11%, mangan 28%, dan cobalt 31%. Selanjutnya, di baterai NMC 622, kandungan nikel mencapai 54%, lithium 11%, mangan 17%, dan kobalt 18%. Lanjut ke baterai NMC 811, yang kandungan nikelnya mencapai 72%, lithium 11%, mangan 8%, dan kobalt 9%.

Kemudian, di baterai NMC 9.5.5, kandungan nikel mencapai 81%, lithium 11%, mangan 4%, dan kobalt 5%. Di baterai NCA alias nickel cobalt aluminium, kandungan nikel mencapai 73%, lithium 11%, mangan 14%, dan sisanya aluminium. Adapun di NCA 190, kandungan nikel mencapai 82%, lithium 11%, kobalt 5%, dan aluminium 5%.

Selain baterai NMC, ada baterai LMO (lithium ion manganese oxide battery) dan LFP (lithium ferro phosphate). Sesuai namanya, tak ada nikel di dua baterai ini. LMO didominasi oleh mangan sebesar 94% dan lithium 6%, sedangkan di LFP, phosphate mendominasi, yakni 60%, lalu iron atau besi 33%, dan lithium 7%. (gbr)

Tags: Baterai Mobil ListrikBEVNikelStruktur Biaya
Previous Post

Sandi Uno dan Boy Thohir Berpeluang Setor Nikel ke Tesla

Next Post

Wuling Kuasai Pasar Mobil Listrik RI, Hyundai Tenggelam

Related Posts

Virus Boncos Nissan Menjalar ke Amerika, Dealer Banyak Tutup

Nissan Rugi Rp 84 Triliun, Mau Pecat 20 Ribu Pegawai

May 13, 2025

Jakarta, Motoris – Nissan memprediksi rugi bersih tahun fiskal 2024 mencapai 750 miliar yen alias Rp 84 triliun. Sejalan dengan...

Anak Buah Luhut: Baterai Mobil Listrik Buatan RI Termurah di Dunia

Cina Ngebon Rp 16 Triliun buat Bikin Pabrik Baterai di Karawang

May 8, 2025

Jakarta, Motoris – Contemporary Amperex Technology Co Ltd (CATL), perusahaan baterai mobil listrik terbesar dunia asal Cina, dikabarkan mencari pinjaman...

Anak Buah Luhut: Baterai Mobil Listrik Buatan RI Termurah di Dunia

LG Batalin Proyek Kakap, Masa Depan Baterai Nikel Suram?????

April 23, 2025

Jakarta, Motoris - LG Energy Solution (LGES) resmi keluar dari proyek ekosistem baterai kendaraan listrik (EV) di Indonesia senilai Rp...

Batu Bara Bisa Diolah Jadi Bahan Baku Baterai EV, RI Harus Bikin!!!!

Batu Bara Bisa Diolah Jadi Bahan Baku Baterai EV, RI Harus Bikin!!!!

December 14, 2024

Jakarta, Motoris – Batu bara ternyata bisa diolah menjadi grafit, bahan baku anoda baterai mobil listrik (EV), berdasarkan hasil penelitian...

Discussion about this post

Terpopuler

  • Tunggu Mobil Listrik BYD di Bawah Rp 150 Juta

    Kondisi Keuangan BYD Disebut Berantakan, Utang Tembus Rp 1.300 Triliun

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Raksasa Otomotif Tega Pecat 35 Ribu Karyawan lantaran Laba Terjun

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jangan Bandingin Alphard dan Denza D9, Satu Bayar Pajak Normal, Satu Subsidi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Target Produksi BEV 2025 400 RIbu Unit, Pengamat: Berat!!!!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jualan Motor Baru Jeblos, Harga Motor Bekas Ancur, Salah Siapa???

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Terkini

Penjualan EV Hancur, Audi Mau Tutup Pabrik

Raksasa Otomotif Tega Pecat 35 Ribu Karyawan lantaran Laba Terjun

June 4, 2025
Banyak yang Khawatir Nasib Mobil Cina seperti Motor Alias Modar

Banyak yang Khawatir Nasib Mobil Cina seperti Motor Alias Modar

June 3, 2025
Tunggu Mobil Listrik BYD di Bawah Rp 150 Juta

Kondisi Keuangan BYD Disebut Berantakan, Utang Tembus Rp 1.300 Triliun

June 2, 2025
Detail Perubahan di Mitsubishi New Xpander Cross, Siap Tempur di LSUV

Detail Perubahan di Mitsubishi New Xpander Cross, Siap Tempur di LSUV

May 31, 2025
Alasan Peluncuran Xpander Tourer yang Harganya di Bawah Rp 300 Juta

Alasan Peluncuran Xpander Tourer yang Harganya di Bawah Rp 300 Juta

May 31, 2025
Motoris.id

Catatan Digital Otomotif

Office: Jalan Pulosirih Timur 6, Blok CD 89, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan

Email : motorisdev@gmail.com

Kategori

  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

ERA Network

  • Beritaapm.com
  • Makansedap.id
  • Landbank.co.id
  • IndoDigital.co.id
  • Fundflow.id
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK

No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK