Selasa, 14 Oktober 2025
Motoris.id
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam
No Result
View All Result
Motoris.id
No Result
View All Result

Mobil Listrik Jadi Anak Emas Pemerintah, Hybrid Nggak Dianggap

by admin
Jumat, 23 September 2022
Wuling Air EV di GIIAS. (Wuling Motors)

Wuling Air EV di GIIAS. (Wuling Motors)

Share on Facebook

Jakarta, Motoris – Mobil listrik kini menjadi anak emas pemerintah Indonesia, bahkan dunia. Sebaliknya, mobil hybrid terkesan tidak dianggap. Kini, pemerintah pusat dan daerah ramai-ramai mendorong mobil listrik. Bahkan, swasta juga turun tangan menggeber penjualan mobil listrik, kendati barangnya masih sulit.

Hal itu terungkap dalam workshop nasional yang diselenggarakan The International Council on Clean Transportation (ICCT) bersama Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB) bertajuk “Percepatan Penerapan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai di Indonesia”, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga:

Toyota Lepas Camry V Bensin Facelift

Beli Mobil MG Bisa Untung Rp 200 Juta, tapi Detail Belom Jelas

Alamat Lengkap Dealer Geely Fatmawati

Workshop ini sejalan dengan manuver pemerintah menggencarkan penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di berbagai daerah. Bahkan, Presiden Joko Widodo juga telah menginstruksikan para pejabat pusat dan daerah menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas.

Analis Kerja Sama Direktorat Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Supriyadi mengungkapkan, pemerintah sudah mempersiapkan regulasi dan strategi untuk mewujudkan rencana tersebut. Salah satunya Peraturan Presiden (Perpres) No. 55 Tahun 2019.

“Terbaru, ada Inpres Nomor 7 Tahun 2022 tentang penggunaan KBBLB sebagai kendaraan dinas operasional, serta kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” kata dia.

Sebelum ada instruksi dari Presiden, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah lebih jauh melangkah menggunakan kendaraan listrik, khususnya pada armada bus Transjakarta. Bus listrik Transjakarta resmi beroperasi pada Maret 2022 sejumlah 30 unit. Payung hukumnya Peraturan Gubernur No. 90 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Rendah Karbon Daerah yang berketahanan Iklim.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir menjelaskan, Pergub DKI Jakarta berisi tiga komitmen pembangunan rendah karbon. Pertama, implementasi 100 bus listrik pada rute Transjakarta sampai akhir 2022. Kedua, mengganti separuh bus Jakarta menjadi armada listrik secara bertahap sampai 2025. “Ketiga, akan mengganti 100% armada bus rapid transit (BRT) dengan bus listrik pada 2030,” ujar dia di acara yang sama.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kata dia, juga menandatangani Deklarasi Jalan Bebas Bahan Bakar Fosil C40 pada 2021. Jakarta bergabung dengan 39 kota lainnya dari seluruh dunia untuk mewujudkan mobilitas bersih. Penetapan jumlah target implementasi bus listrik Transjakarta tidak lepas dari peran lembaga mitra. Adapun KPBB, ICCT, World Research Institute (WRI), dan Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) memberi bantuan teknis dengan pembiayaan dari pemerintah Jerman untuk memastikan keberhasilan adopsi bus listrik pada Transjakarta.

Untuk memuluskan target Pemprov DKI, pengelola Transjakarta menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan sektor swasta. Harapannya, target elektrifikasi 10 ribu unit lebih bus Transjakarta pada 2030 tercapai.

“Ini salah satu mimpi bagi pemerintah Jakarta yang berusaha kami wujudkan,” kata Kepala Departemen Perencanaan dan Standarisasi PT Transjakarta, Chandra Rakhmat.

Transportasi publik dari sektor swasta seperti Bluebird pun turut serta menjadi bagian percepatan penggunaan kendaraan listrik. Bahkan, Bluebird merupakan pelopor penggunaan taksi berbasis listrik di Indonesia. Dimulai sejak 2020 dengan 29 armada, kini Bluebird terus menambah armada dengan mesin listriknya sampai 200 unit. Pada 2022, Bluebird bahkan menambah investasi sebanyak Rp 32,5 miliar untuk pengadaan mobil listrik.

Technical Service Manager PT Bluebird Suratmanto mengatakan, mobil listrik Bluebird baru tersedia di Jakarta dan Bali. Ke depan, Bluebird bakal menyediakan layanan mobil listrik di Semarang.

Senior Transport Specialist World Bank Nupur Gupta mengatakan, strategi mobilitas listrik bisa diintegrasikan dengan sasaran dan tujuan mobilitas perkotaan berkelanjutan. Jangan sampai strategi pengembangan kendaraan listrik dikembangkan sendiri-sendiri dan terpisah. “Sebab, kemacetan, keselamatan di jalan dan faktor luar tidak akan terselesaikan,” kata Gupta.

Energy Specialist Energy Divison Southeast Asia Department The Asian Development Bank (ADB) Florian Kitt mengatakan, salah satu masalah besar pengembangan kendaraan berbasis listrik adalah biaya. “Oleh karena itu, pendanaan akan didukung penuh oleh bank internasional, seperti ADB dan World Bank. Kami juga berupaya menggerakkan investor dan sudah diskusikan ini dengan Mc Kinsey,” kata Florian.

Program Manager United Kingdom Partnership for Acceleration of Climate Transition (UK PACT) Program for Indonesia Ridwan Kurniawan mengatakan, pemerintah Inggris siap mendukung pembiayaan kendaraan listrik di Indonesia. Sebab, ini merupakan salah satu kegiatan atau program mendapatkan perhatian oleh pemerintah Inggris untuk kemungkinan pendanaan.

Oleh sebab itu, dia mengajak semua pihak bekerja sama dengan model produk pembiayaan yang telah disediakan dari World Bank dan ADB.

Melihat pengembangannya di Tanah Air, Direktur Eksekutif KPBB Ahmad Safrudin menyebutkan, masih ada sejumlah tantangan yang perlu dihadapi. Pemerintah belum menuntaskan software dalam mengembangkan persemaian KBLBB ini, terutama soal skema insentif dan disinsentif fiskal berbasiskan tingkat grCO2/km.

“Hal ini guna menciptakan kesetaraan harga jual antara KBLBB dan mobil pembakaran internal, sehingga KBLBB mampu melakukan penetrasi pasar,” kata Safrudin.

Untuk mendorong penetrasi kendaraan listrik, pemerintah perlu segera membuat peta jalan, di antaranya mengenai jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

“Keypoint dari peta jalan ini adalah melakukan estimasi titik SPKLU dibutuhkan per tahun dengan rasio 10 KLBB : 1 SPKLU,” kata Vice President Pengembangan Teknologi PLN Trihadimasyar.

Sementara itu, guna mendorong penetrasi kendaraan listrik di Indonesia, pemerintah memiliki program khusus. Pemerintah pusat memberikan tarif pajak penjualan barang mewah (PPnBM) 0% bagi konsumen. Adapun di daerah, seperti DKI Jakarta telah menghapus bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) maupun pajak kendaraan bermotor (PKB) bagi konsumen kendaraan listrik. Bank Indonesia pun mengizinkan uang muka 0% untuk mobil listrik.

ICCT Regional Lead Asean Francisco Posada mengatakan, ICCT akan terus mendukung para pihak terkait upaya akselerasi kendaraan listrik di Indonesia. Ini dilakukan melalui exchange of knowledge dan dukungan teknis.

 

Tags: Anak Emas PemerintahHeadlineHybrid Tak DianggapKPBBMobil ListrikWorkshop ICTT

ArtikelTerkait

Toyota Lepas Camry V Bensin Facelift

Toyota Lepas Camry V Bensin Facelift

Kamis, 9 Oktober 2025

Jakarta, Motoris – PT Toyota-Astra Motor (TAM) permak desain dan fiitur Camry V bermesin bensin 2,5 liter AT agar lebih...

Dua Mobil Listrik Baru MG Siap Masuk Sini

Beli Mobil MG Bisa Untung Rp 200 Juta, tapi Detail Belom Jelas

Selasa, 7 Oktober 2025

Jakarta, Motoris – Dalam rangka merayakan perjalanan lima tahun kehadirannya di Indonesia, Morris Garages Motor Indonesia (MG) menghadirkan program spesial...

Alamat Lengkap Dealer Geely Fatmawati

Alamat Lengkap Dealer Geely Fatmawati

Senin, 6 Oktober 2025

Jakarta, Motoris – Geely Auto Indonesia meresmikan Geely Premium Fatmawati, dealer 3S di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. Bekerja sama dengan...

Honda Hadir di GIIAS Bandung 2025, Fokus Dagang Hybrid

Honda Hadir di GIIAS Bandung 2025, Fokus Dagang Hybrid

Kamis, 2 Oktober 2025

Jakarta, Motoris – Honda Bandung Center (HBC), main dealer Honda Jawa Barat dan Banten, menghadirkan berbagai lini produk hybrid unggulan...

Discussion about this post

Terpopuler

  • Gawat!!!! Pedagang Nggak Mau Angkat Motor eSAF, Harga Terjun Bebas   

    Update Harga Vario 160 Bekas Semua Tahun, Ambruk Brooo

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Scoopy Kuromi, Kalau Minat Harga Segini

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tanpa Subsidi, Harga BYD Atto 1 Rp 300 Juta Lebih, Murahan LCGC

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Beli Motor Listrik Ini Bisa Tukar Baterai di Alfamart

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Harga PCX Bekas Kembali Normal, Cek Daftar Lengkapnya 

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Terkini

Scoopy Kuromi, Kalau Minat Harga Segini

Scoopy Kuromi, Kalau Minat Harga Segini

Senin, 13 Oktober 2025
Toyota Lepas Camry V Bensin Facelift

Toyota Lepas Camry V Bensin Facelift

Kamis, 9 Oktober 2025
Dua Mobil Listrik Baru MG Siap Masuk Sini

Beli Mobil MG Bisa Untung Rp 200 Juta, tapi Detail Belom Jelas

Selasa, 7 Oktober 2025
Alamat Lengkap Dealer Geely Fatmawati

Alamat Lengkap Dealer Geely Fatmawati

Senin, 6 Oktober 2025
Honda Hadir di GIIAS Bandung 2025, Fokus Dagang Hybrid

Honda Hadir di GIIAS Bandung 2025, Fokus Dagang Hybrid

Kamis, 2 Oktober 2025
motoris

Catatan Digital Otomotif

Office: Jalan Pulosirih Timur 6, Blok CD 89, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan

Email : motorisdev@gmail.com

Kategori

  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

ERA Network

  • Beritaapm.com
  • Makansedap.id
  • Landbank.co.id
  • IndoDigital.co.id
  • Fundflow.id
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK

No Result
View All Result
  • Autokritik
  • Finansial
  • Mobil
  • Motor
  • Ragam

© 2024 Motoris.id - Part of ERA NETWORK