Jakarta, Motoris – Gila, penjualan Hyundai Stargazer di GIIAS 2022 ternyata mengangkangi mobil target operasi (TO) Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza besutan Grup Astra di pasar LMPV. Namun, jika penjualan Avanza digabung dengan Toyota Veloz rakitan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Stargazer belum bisa melampaui, hanya bisa menempel ketat.
Berdasarkan data Hyundai Motors Indonesia (HMID), surat pemesanan kendaraan (SPK) Stargazer di GIIAS 2022 mencapai sebanyak 1.585 unit. Jumlah itu sangat jauh di atas Xenia yang hanya laku 150 unit dan mengungguli Avanza sebanyak 926 unit.
Sementara itu, penjualan Veloz mencapai 706 unit, sehingga jika ditotal dengan Avanza jumlahnya mencapai 1.632 unit. Itu artinya, penjualan Stargazer sedikit lagi menyamai duet maut tersebut di GIIAS 2022.
Selama GIIAS 2022, Hyundai mencetak SPK 3.619 unit, naik dua kali lipat dari torehan 2021. Selain Stargazer, SPK SUV Creta cukup solid, sebanyak 1.191 unit, sedangkan mobil listrik Ioniq 5 399 unit.
“Hyundai sangat mengapresiasi antusiasme yang luar biasa dari pengunjung booth Hyundai dan atas sambutan positif yang diberikan kepada kami melalui serangkaian penghargaan untuk Hyundai di GIIAS 2022. Hal ini semakin memotivasi kami untuk terus memperkuat posisi Hyundai sebagai game-changer untuk kendaraan yang inovatif dan futuristik. Melalui pencapaian ini, Hyundai sebagai merek yang berfokus pada pelanggan, akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan,” kata Woojune Cha, president director HMID, Senin (23/8/2022).
Sementara itu, Daihatsu meraup SPK 1.030 unit di GIIAS 2022, meningkat signifikan dari GIIAS 2021. Adapun kontribusi untuk setiap modelnya secara berurutan adalah Sigra sebanyak 404 unit atau berkontribusi sebesar 39%, Xenia 150 unit (15%), Ayla 103 unit (10%), Rocky 99 unit (10%), Terios 85 unit (8%), GranMax MB 85 unit (8%), GranMax PU 60 unit (6%), serta model lainnya seperti Sirion dan Luxio dengan total 44 unit (4%).
“Daihatsu bersyukur atas apresiasi positif dari para pengunjung terhadap booth Daihatsu selama perhelatan GIIAS 2022, serta capaian pemesanan kendaraan yang meningkat dua kali lipat dibandingkan GIIAS 2021. Kami berharap, capaian baik ini dapat terus berlangsung yang juga selaras dengan kenaikan pasar otomotif nasional,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, marketing & customer relations division head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO). (gbr)
Discussion about this post