Jakarta, Motoris – Target penjualan Hyundai Stargazer, LMPV 1,5 liter berkapasitas tujuh penumpang, ambisius, mencapai 6.000 unit per bulan, berdasarkan keterangan sumber Trimegah Sekuritas. Ini menunjukkan niat kuat mobil rakitan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, membuat bonyok Toyota Avanza dan Veloz serta Mitsubishi Xpander.
Trimegah dalam catatan harian, belum lama ini, menegaskan, Stargazer dikabarkan meluncur di ajang GIIAS 2022, Agustus mendatang. Mobil ini biasa disebut media-media besar sebagai calon Avanza killer. Apa benar demikian?
“Target penjualan Stargazer setara dengan penjualan best selling model LMPV, Xpander dan Avanza,” tulis Trimegah.
Seiring dengan itu, Trimegah menilai, Grup Astra, pembesut merek Toyota dan Daihatsu di Indonesia, bakal menghadapi penggerusan pangsa pasar. Astra adalah pemimpin pasar mobil domestik melalui dua merek itu.
Di sisi lain, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA), perusahaan komponen milik TP Rachmat, mantan bos besar Astra, bakal diuntungkan. Sebab, perseroan sudah menjalin kongsi bisnis dengan Hyundai untuk memasok komponen ke beberapa model, termasuk Stargazer. (gbr)
Discussion about this post